Sholawat Nabi Dan Artinya

shalawat

Konten dari Artikel ini :

    Sholawat Nabi

    Bersholawat pada nabi sebaiknya jadikan menjadi amalan keseharian. Karena tidak hanya banyak kegunaan yang terdapat dalam sholawat nabi, banyak faidah yang didapat sesudah membaca serta mengamalkan sholawat nabi itu. 

    Bersholawat tidak haruslah dengan sholawat yang panjang, jika kurang waktu akibat kesibukan dapat membaca sholawat yang pendek dan singkat . Sholawat pada nabi tidak mesti panjang serta repot. Cukup laksanakan sebisa anda saja. Asal upayakan tetap istiqomah. 

    Faedah lainnya yang dapat anda rasakan disaat rajin membaca sholawat nabi yaitu hidup anda juga akan merasa lebih damai serta tentram. Dengan adanya banyak sholawat nabi jadi anda juga akan sedikit kurangi beban dalam kehidupan anda. Karena bersholawat bisa menentramkan hati yang gelisah. 

    Beragam perkara dunia juga akan begitu jadi pusing serta melelahkan seandainya anda sangat konsentrasi dalam pikirkannya. Anda juga semakin lama juga akan terasa stres serta jemu. Beragam problem pekerjaan yang jadi pusing dan beragam problem kehidupan pribadi yang melelahkan. 

    Tetapi jika anda dapat bersholawat serta selalu mengerjakannya bahkan juga disaat anda laksanakan keseharian, jadi kehidupan yang anda tekuni semakin tambah merasa damai serta tentram. Karena dengan bersholawat juga akan buat hati anda tenang serta damai dan dapat menghindari dari stres yang melanda. 

    Ingatkah anda dengan satu buah kata mutiara yang berbunyi “dekatkanlah dirimu dengan selamanya berdzikir serta bersholawat. Karena dengannya juga akan buat hatimu tentram serta bahagia”. 

    Sejarah Sholawat Nabi

    Ada beberapa sebab dan sejarah dianjurkannya membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW, diantaranya adalah sebagai berikut :

    1.         Allah SWT sendiri telah meninggikan nama Nabi Muhamma SAW di samping Asma Allah SWT.  ورفعنا لك ذكرك

    Artinya “Kami meninggikan bagimu sebutan (nama) -mu” (Q.S. Al-Insyiroh : 4)
     Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmatan lil ‘alamin
    . وما ارسلناك إلا رحمة للعالمين   

    Artinya “Dan tiadalah Kami mengutusmu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam” (Q.S. Al-Anbiya’ : 107)

    2.         Karena keagungan akhlak Rasulullah SAW yang dianugerahlan oleh Allah SWT kepada beliau.
    وإنك لعلى خلق عظيم Artinya “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) memiliki akhlak yang mulia” (Q.S. Al-Qalam :4

    Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh wahib bin Munabih bahwasannya Rasulullah SAW menerangkan, ketika Allah SWT menciptakan Nabi Adam A.S. dan meniupkan roh kedalam jasadnya, Allah SWT membukakan kedua matanya agar melihat pintu surga. Maka dilihatlah oleh Adam A.S.  disana tertulis kalimat لاإله إلا اللـه محمد رسول اللـه . Dan ketika Allah mencipatakan Hawa yang dilengkapi dengan syahwat, Nabi Adam meminta kepada Allah untuk dikawinkan dengannya, tetapi Adam harus membayar mas kawinnya yaotu dengan membaca Shalawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak seratus kali.

    Fungsi Sholawat Nabi 

    Adapun fungsi dari membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah :

    1.    Untuk membuka segala sesuatu. Maksudnya untuk memohon (berharap/ mengharap berkah) seperti sabda Nabi SAW:

    عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللّـهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّـهِ صَلّى اللّـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لَايُـــبْدَأُ فِــيْهِ بِسْمِ اللّـهِ وَالصَّلَاةِ فَهُوَ أَقْطَعٌ أَبْــتَرٌ مُمْحَقٌ مِنْ كُلِّ بَرَكَةٍ (رواه الرحوى)
    Artinya : “setiap perbuatan yang penting yang tidak dimulai dengan membacamenyebut Asma Allah  dan shalawatniscaya kurang sempurnadan terputus dari keberkahan ” (HR. Rahawi)

     

    2.    Untuk memenuhi hak Rasulullah SAW sebagai perantara antara Allah SWT dan hamba-hamba-Nya

    وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ
    Artinya “Kami meninggikan bagimu sebutan (nama) -mu” (Q.S. Al-Insyiroh : 4)

     

    3.    Untuk memenuhi perintah Allah SWT yang termaktub dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 56

    يَااَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
     artinya “hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam peghormatan kepadanya”  

     

    Arti Sholawat 

    Pengertian Sholawat menurut Bahasa

    Shalawat merupakan bentuk jamak dari kata salla atau salat yang berarti: doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Jadi sholawat menurut bahasa bisa diartikan sebagai  Do’a.
    Sebagaimana dalam firman Allah Swt berikut ini:

    خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاَتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
    “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (at-Taubah : 103).

     

    Pengertian Sholawat Menurut Istilah

    Shalawat menurut syar’i atau istilah adalah Pujian kepada Nabi-Nabi.Makna shalawat kepada Nabi adalah sebagaimana firman Allah:

    إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya .” (al-Ahzab : 56)


    Ibnu Katsir menyebutkan dalam tafsirnya ketika menafsirkan ayat ini, bahwa Imam Bukhari meriwayatkan, Abu ‘Aliyah berkata :
    Shalawat Adalah :

     

    • Apabila Sholawat dari Alah SWT kepada Nabi berarti Memberikan Rahmat dan Kemuliaan(Rahmat Tadhim)
    • Apabila Sholawat dari Malaikat kepada Nabi Berarti Memohonkan Ampunan
    • Apabila Sholawat dari golongan yang beriman (Jin dan Manusia) berarti berdoa supaya deberikan rahmant dan kemuliaan.

    Dalil Tentang Perintah Membaca Sholawat Nabi

     

     

    Dalil Alquran :

    إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

     

    “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya .” (al-Ahzab : 56)


    Dalil Hadist:

     

    عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلّى الله عليه و سلّم : لا تجعلوا بيوتكم ولا تجعلوا قبري عيدا و صلوا عليّ فإنّ صلاتكم تبلغني حيث كنتم

     

    Dari Abu Hurairah  bahwa Rosulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan, dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku dimanapun kalian berada.” [HR.Abu Daud no.2044 dengan sanad hasan]

    Hukum Membaca Shalawat Nabi

    Ada beberapa pendapat dari Ulama ada yang Wajib Bil Ijmal, wajib satu kali semasa hidup, adapula yang berpendapat Sunnah. pendapat yang paling masyhur adalah Sunnah mu’akkad akan tetapi membaca Sholawat pada akhir Tasyahhud akhir dari sholat adalah Wajib, oleh karena itu sudah menjadi rukunnya sholat.
     

    Bacaan Sholawat Nabi dan Terjemahannya


    Lalu apa sajakah sholawat yang bisa menghantarkan lebih dekat dengan Nabi kelak disurga Allah ?Berikut penjelasannya.

    1. Dari zaid bin Abdullah, bahwa sebenarnya mereka dianjurkan membaca sholawat dengan bacaan berikut :

     

    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

     

    Teks Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

    Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi'

    Teks Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
    Yang artinya :
    Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi.(Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 60 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih)

     

    2. Dari Ka’ab bin Ujroh, bercerita

     

    “Wahai Rasulallah, kami sudah mengetahui bagaimana cara mengirim salam kepadamu. Lalu bagaimana cara kami bersholawatkepadamu? Nabi SAW bersabda ucapkanlah

     

    اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

    Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

    Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid

    Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
    Yang artinya :
    Ya allah berilah sholawat kepada muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga ibrahim. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Penyayang. (Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 56 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih).

     

    3. Dari hadist riwayat bukhori diriwayatkan sebagai berikut

     

    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

     

    Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia 

    “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.”

    Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW 
    Yang artinya :
    Ya allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim.Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang.

    Sholawat Nariyah Sholawat Badar

    Demikian informasi mengenai Sholawat Nabi Dan Artinya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Sholawat Nabi Dan Artinya

      Sosial Media : Fanpage Belajar Islam Twitter Bersiap Twitter Client

      DMCA.com Protection Status

      About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
      @2015 Bersiap BLog