Pengertian Quality Assurance Dan Quality Control


Konten dari Artikel ini :

    Kebanyakan orang menggunakan dua istilah Pengendalian Mutu dan Jaminan Mutu ekuivalen untuk merujuk kepada konsep yang sama. Namun kedua istilah yang berbeda dalam arti serta tujuan. 

    Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk mendefinisikan dan menjelaskan kedua istilah. 

    Mari kita mulai dengan melihat definisi Quality Assurance dan Quality control sesuai berbagai badan standar. 

    Sesuai American Society of Quality, ASQ 

    QA didefinisikan sebagai "kegiatan yang direncanakan dan sistematis diimplementasikan dalam sistem mutu sehinggapersyaratan mutu untuk suatu produk atau jasa akan terpenuhi." 

    QC didefinisikan sebagai "teknik observasi dan kegiatan yang digunakan untuk memenuhi persyaratan kualitas." 

    Sesuai ISO 9000 

    QC didefinisikan sebagai "Sebuah bagian dari manajemen mutu difokuskan pada pemenuhan persyaratan mutu" 

    QA didefinisikan sebagai "Sebuah bagian dari manajemen mutu difokuskan pada penyediaan keyakinan bahwapersyaratan mutu akan dipenuhi" 

    Jelas, ada perbedaan ditandai antara Quality Assurance dan Quality Control. 

    Perbedaan paling mencolok antara jaminan kualitas dan kontrol kualitas adalah bahwa sementara QC berorientasiproduk, QA adalah berorientasi proses. 

    Kontrol kualitas lebih berfokus pada deteksi kegagalan. Ini terdiri dari berbagai metode, sistem, dan strategi untuk memutuskan daerah-daerah tertentu yang berada di bawah ekspektasi dan standar perusahaan untuk produk dan jasa. 

    Di sisi lain, jaminan kualitas berkaitan dengan proses dan aturan yang bertujuan untuk meramalkan potensi kegagalanyang mungkin terjadi untuk mencegah hal ini terjadi bahkan sebelum hal itu terjadi. 

    Diferensiasi lain antara QA dan QC adalah bahwa sementara Jaminan kualitas memastikan bahwa apa yang Anda lakukan adalah hal yang benar dengan cara yang benar sedangkan QC memastikan bahwa hasil dari apa yang telah Anda lakukan adalah sesuai harapan Anda. 

    QA adalah fungsi proaktif, oleh karena itu program jaminan kualitas memberikan kualitas yang lebih tinggi daripekerjaan. 

    QC prihatin dengan memeriksa bahwa pekerjaan dilakukan dengan benar, dan sesuai. Ini berfokus pada mengoreksipenyimpangan setelah pekerjaan telah dilakukan. Atau kita dapat mengatakan, kegiatan pengendalian mutu bertindak sebagai tindakan korektif. 

    Perbedaan antara QA dan QC juga merupakan salah satu kekuasaan dan kontrol. QC berada di bawah kendalipengembangan sementara QA mengontrol pembangunan. 

    Hal ini sering ditemukan bahwa sementara beberapa perusahaan lebih berkonsentrasi pada QC, lain berfokus terutama pada jaminan kualitas. Untuk berjalan efisien dan kualitas produk, kedua proses ini harus tunduk padaevaluasi yang tepat dan manajemen. 
     Quality Control

    QA bertujuan untuk meningkatkan proses pengembangan dan testing agar tidak terjadi kesalahan selama produk dikembangkan, sedangkan QC bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan setelah produk dikembangkan sebelum produk di release ke luar organisasi atau perusahaan.
    Ringkasan 

    Kedua QA dan QC memiliki tujuan yang sama tetapi mereka berbeda dalam pendekatan dan gaya. Mereka sangatsaling bergantung yang membuatnya sulit untuk menentukan perbedaan. Untuk membuat masalah lebih buruk, di beberapa organisasi, baik fungsi dilakukan oleh satu departemen. 

    sumber : http://mengenaldasarqualitycontrol.blogspot.co.id/

    Demikian informasi mengenai Pengertian Quality Assurance Dan Quality Control. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian Quality Assurance Dan Quality Control

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog