Pengertian Promosi Dan Tujuan Secara Lengkap

Pengertian Promosi Dan Tujuan Secara Lengkap


Konten dari Artikel ini :

    Kata atau istilah promosi sudah sering kita dengar dalam kehidupan ini. Kata atau istilah ini sering digunakan saat ada produsen yang akan menjual produk ataupun jasanya dengan cara terlebih dahulu membuat produk atau jasanya dikenal oleh masyarakat luas. Supaya dapat dikenal oleh masyarakan atau konsumen maka dilakukanlah kegiatan promosi. Nah…, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan kepada teman-teman mengenai apa itu Promosi.

    Pengertian Promosi

    A. Beberapa penjelasan promosi

    Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat, dengan tujuan supaya produk atau jasa, merek dan nama perusahaan dapat dikenal masyarakat sekaligus mempengaruhi masyarakat supaya mau membeli serta menggunakan produk atau jasa perusahaan.

    Promosi yaitu kegiatan dari pemasaran maupun penjualan dalam rangka untuk meninformasikan dan mendorong permintaan konsumen terhadap produk atau jasa dari suatu perusahaan dengan mempengaruhi konsumen supaya membeli produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

    Promosi merupakan cara yang dilakukan oleh pemasar untuk meninformasikan dan mempengaruhi para konsumen atau masyarakat sehingga dapat tertarik untuk membeli serta menggunakan produk ataupun jasa yang dipasarkannya.

    Promosi yaitu kegiatan yang bertujuan untuk meyampaikan informasi mengenai produk atau jasa kepada pasar, sehingga produk atau jasa tersebut dapat dikenal dan mendorong konsumen untuk membeli serta menggunakannya. Promosi juga sangat berguna untuk memberikan informasi mengenai kelebihan, kegunaan produk dan dimana produk tersebut dapat diperolehnya.

    Itulah bebrapa penjelasan promosi, teman-teman dapat memilih yang mana saja karena jika diperhatikan semuanya memiliki inti atau maksud yang sama.

    B. Tujuan promosi secara jelas

    Adapun tujuan dari promosi yang diantaranya sebagai berikut ini:

    • Untuk menyebarkan informasi produk atau jasa perusahaan kepada pasar.
    • Untuk memperoleh konsumen baru dan menjaga kesetiaan dari konsumen. Jadi konsumen tetap setia untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaan.
    • Untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan meningkat.
    • Untuk memberi pembeda dan mengunggulkan produk perusahaan dibanding dengan produk para pesaing.
    • Dan untuk membentuk citra produk ataupun jasa dan nama perusahaan dimata para konsumen.

    Baca juga: Pengertian advertising dan fungsinya atau tujuannya.

    C. Buruan promosi (Promotional Mix)

    Yang dimaksud dengan buruan promosi adalah gabungan dari berbagai macam jenis promosi untuk produk atau jasa yang sama supaya hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan dapat membuahkan hasil semaksimal mungkin. Sebelum melakukan kegiatan promosi alangkah baiknya terlebih dahulu melakukan perencanaan sebaik mungkin yang mencangkup buruan promosi sebagai berikut ini:

    • Iklan, misalnya seperti meniklankan pada radio, koran, majalah, bilboard dan lain-lain.
    • Promosi dari mulut ke mulut secara positif, karena cara ini merupakan salah satu cara promosi yang baik.
    • Promosi dengan penjualan, misalnya seperti membagikan sample, ikut serta dalam pameran di pasar yang di targetkan dan lain-lain.
    • Publisitas positif semaksimal mungkin dari pihak-pihak eksternal.
    • Public relation yaitu mengupayakan produk yang dijual diterima oleh masyarakat dan Personal selling yaitu penjulan yang dilakukan dengan cara bertatap mukan langsung.

    Pengertian Promosi Penjualan

            Promosi Penjualan (Sales Promotion) adalah suatu kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk  melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan (Lubis, 2004). Menurut Hanafie (2010) promosi penjualan merupakan program dan penawaran khusus dalam jangka pendek yang dirancang untuk memikat para konsumen (kebanyakan langsung kepada konsumen akhir) yang terkait agar mengambil keputusan pembelian yang positif. Promosi ini seringkali menghabiskan banyak biaya, tetapi banyak yang menganggap bahwa pengaruhnya sangat besar terhadap keputusan konsumen. Keanekaragaman promosi penjualan lebih rumit lagi dalam usaha penjualan kepada konsumen perantara atau penyalur. Persaingan penjualan dengan insentif berupa perjalanan liburan sudah sedemikian  membudaya.

             Promosi penjualan merujuk pada aktivitas promosi, selain periklanan, publisitas dan penjualan personal yang merangsang ketertarikan, percobaan atau pembelian dari para pelanggan (Cannon et al., 2009).

    •           Promosi penjualan merupakan alat yang menawarkan insentif pada pembeli dan terdiri atas:
    • ·   Promosi konsumen, seperti sampel, kupon, penawaran uang kembali, pengurangan harga, hadiah, premi,   kontes, peragaan, dan stker.
    • · Promosi dagang, seperti jaminan pembelian, hadiah barang iklan bersama, kerjasama iklan dan pemanjangan, pengembalian uang, kontes penjualan para penyalur.
    • ·   Promosi wiraniaga, seperti pemberian bonus, kontes dan kereta penjualan(Lubis, 2004).

    Pengertian Promosi Kesehatan

    WHO berdasarkan piagam Ottawa (1986) dalam Heri.D.J. Maulana (2009) hal. 19, mendefinisikan promosi kesehatan adalah suatu proses yang memungkinkan individu meningkatkan kontrol terhadap kesehatan dan meningkatkan kesehatannya berbasis filosofi yang jelas mengenai pemberdayaan diri sendiri.

    Promosi kesehatan merupakan proses pemberdayaan seseorang untuk meningkatkan control dan peningkatan kesehatannya. WHO menekankan bahwa promosi kesehatan merupakan suatu proses yang bertujuan memungkinkan individu meningkatkan kontrol terhadap kesehatan dan meningkatkan kesehatannya berbasis filosofi yang jelas mengenai pemberdayaan diri sendiri (Maulana,2009).

    2.        Tujuan Promosi Kesehatan.

    Green,1991 dalam Maulana,2009,tujuan promosi kesehatan terdiri dari tiga tingkatan yaitu:

    a.         Tujuan Program

    Refleksi dari fase social dan epidemiologi berupa pernyataan tentang apa yang akan dicapai dalam periode tertentu yang berhubungan dengan status kesehatan. Tujuan program ini juga disebut tujuan jangka panjang, contohnya mortalitas akibat kecelakaan kerja pada pekerja menurun 50 % setelah promosi kesehatan berjalan lima tahun.

    b.        Tujuan Pendidikan

    Pembelajaran yang harus dicapai agar tercapai perilaku yang diinginkan. Tujuan ini merupakan tujuan jangka menengah, contohnya : cakupan angka kunjungan ke klinik perusahaan meningkat 75% setelah promosi kesehatan berjalan tiga tahun.

    c.         Tujuan Perilaku

    Gambaran perilaku yang akan dicapai dalam mengatasi masalah kesehatan. Tujuan ini bersifat jangka pendek, berhubungan dengan pengetahuan, sikap, tindakan, contohnya: pengetahuan pekerja tentang tanda-tanda bahaya di tempat kerja meningkat 60% setelah promosi kesehatan berjalan 6 bulan

    sms anti sadap

    Demikian informasi mengenai Pengertian Promosi Dan Tujuan Secara Lengkap. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian Promosi Dan Tujuan Secara Lengkap

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog