Pengertian, Perbedaan Visi & Misi Serta Contohnya

Pengertian, Perbedaan Visi & Misi Serta Contohnya


Konten dari Artikel ini :

    Misi dan visi memberikan perusahaan tujuan sehingga dapat dengan kukuh berusaha mencapai sasaran yang signifikan. Tanpa adanya misi atau tujuan, sukses dalam jangka panjang tidak memungkinkan bagi entitas bisnis manapun. 

    Perbandingan Misi dan Visi 

    Misi adalah tujuan utama dari sebuah organisasi. Misi menginformasikan para pembaca dan customer mengenai nilai-nilai inti dari organisasi Anda. Misi itu seperti prioritas bisnis Anda, metode Anda, atau nilai-nilai kerja yang diikuti organisasi Anda demi mencapai tujuan. 

    Di sisi lain, visi adalah tujuan jangka panjang yang Anda bayangkan demi perkembangan organisasi Anda. Visi adalah masa depan, misi adalah masa kini, sebagai alasan dari eksistensi organisasi Anda. 

    Menurut Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
    Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.

    Jadi dapat disimpulakan bahwa visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.

    Misi 

    Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan.

    Menurut Drucker (2000:87), Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8)
    Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

    Contoh Visi dan Misi

    • Google 
      Beberapa perusahaan cenderung menyamakan visi dan misi. Contohnya misi Google, sebagaimana tercantum pada situsnya adalah: "Untuk mengorganisir informasi yang ada di dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal.

      Jika kita renungkan sebentar pernyataan tersebut, kita akan sadar bahwa pernyataan itu seharusnya menjadi visi, karena itulah yang apa Google ingin capai; membuat pencarian informasi menjadi mudah, lebih cepat, dan dapat diakses secara universal.
    • BNI

    Visi BNI
    Menjadi Bank kebanggaan nasional yang Unggul, Terkemuka dan Terdepan dalam Layanan dan Kinerja


    Pernyataan Visi 
    Menjadi Bank kebanggaan nasional, yang menawarkan layanan terbaik dengan harga kompetitif kepada segmen pasar korporasi, komersial dan konsumer

    Misi BNI

    • Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice)
    • Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
    • Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
    • Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan sosial.
    • Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

    Demikian informasi mengenai Pengertian, Perbedaan Visi & Misi Serta Contohnya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian, Perbedaan Visi & Misi Serta Contohnya

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog