Pengertian, Macam-Macam Diagram Serta Contohnya

Pengertian, Macam-Macam Diagram Serta Contohnya


Pengertian dan Definisi Diagram

Apa itu DIAGRAM?

1. gambar yang menunjukkan ide atau komponen dan hubungan. 2. Poin tetap yang memenuhi suatu kondisi atau relasi dalam sebuah persamaan.

Kamus Hukum: Apa itu DIAGRAM? Definisi DIAGRAM (Kamus Hukum Hitam)

Diagram merupakan sebuah sarana untuk mempermudah pengguna dalam menganalisis data dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Isi dari diagram biasanya berupa nominal, skala ataupun data-data statistik.

1. Fungsi Diagram adalah untuk mempermudah dalam memperinci data yang berisi angka. Diagram biasa digunakan dalam meringkas dan memperpendek informasi dalam setiap presentasi data atau hal lainnya. 

2. Macam-Macam Diagram - Diagram terbagi atas beberapa jenis baik bentuk dan gambar yang berbeda, antara lain sebagai berikut.., 

a. Diagram Garis

Pengertian Diagram Garis - Diagram garis adalah penyajian data statistik dengan memakai garis yang melakukan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan dan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk waktu tertentu. Gabungan waktu dan pengamatan membentuk titik XY. 

. Diagram Lingkaran

Pengertian Diagram Lingkaran - Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Lingkaran tersebut dibagi dalam beberapa bagian yang menyatakan nilai dengan bentuk persen.

 

c. Diagram Batang 

Pengertian Diagram Batang - Diagram batang adalah diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk persegi panjang atau persegi. Pada umumnya diagram batang menggambarkan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan batang-batang tegak, mendatar, dan sama lebar dengan batang-batang terpusah.

d. Diagram Batang Daun 

Pengertian Diagram Batang Daun - Diagram batang daun adalah diagram sebagai contoh penyebaran data yang datanya diurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil ke terbesar. Diagram terbagi atas dua yaitu diagram batang dan daun. Diagram batang daun memuat angkat puluhan serta bagian daun memuat angka satuan.  

e. Diagram Kotak Garis

Pengertian Diagram Kotak Garis - Diagram kotak garis adalah data statistik yang dipakai untuk menampilkan diagram kotak garis yaitu statistik lima serangkai, yang terdiri dari data ekstrim (data terkecil dan data terbesar). Q1, Q2, Q3. 

 

f. Diagram Gambar

Pengertian Diagram Gambar - Diagram gambar atau piktogram adalah diagram dimana datanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menampilkan banyak benda sesungguhnya.


Diagram Audit biasanya digunakan untuk akuntansi, manajemen keuangan, pelacakan informasi fiskal, pengelolaan uang, diagram alir keputusan, dan persediaan keuangan.

Alur alur proses audit

Flowchart Dasar sering digunakan untuk mendefinisikan dan mendokumentasikan alur kerja dan arus data dasar, keuangan, produksi dan manajemen mutu untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Diagram Brainstorming adalah teknik kreatif di mana gagasan dihasilkan untuk memecahkan suatu masalah. Hal ini terutama digunakan untuk brainstorming, pemecahan masalah, analisis rasional, dan pengambilan keputusan.

Penyebab dan Akibat (fishbone) membantu Anda memikirkan penyebab suatu masalah secara menyeluruh.

Diagram Fishbone

Circular Diagram membantu Anda menggambar diagram melingkar yang bisa Anda bayangkan dengan sangat rinci.

Data Flow Diagram adalah teknik pemodelan yang signifikan untuk menganalisis dan membangun proses informasi.

EPC menggambarkan alur kerja proses bisnis, dan merupakan komponen penting dari konsep pemodelan SAP R / 3 untuk rekayasa bisnis.

Rantai Proses yang Dibuat

Fault Tree Analysis adalah bagan informasi yang menunjukkan hubungan anggota keluarga dari waktu ke waktu.

Diagram Pohon Gagal

Daftar digunakan untuk menggambar daftar yang umum digunakan, daftar blok, daftar gambar dan daftar tabel

Proses digunakan untuk menunjukkan kemajuan atau langkah sekuensial dalam suatu tugas, proses, atau alur kerja.

Diagram Pemasaran dapat digunakan untuk simulasi dan perbaikan, pemodelan proses, benchmarking, routing jalur, analisis waktu dan biaya, activity-based costing, portofolio produk, analisis pasar dan sumber daya, ruang lingkup dan bauran pemasaran, siklus hidup produk dan adopsi, dan matriks harga .

Analisis Pasar

Diagram Matriks adalah diagram optimal untuk laporan keuangan dan penjualan, laporan laba rugi, anggaran, analisis statistik, tugas akuntansi, proyeksi pasar dan laporan tahunan.

Bagan Organisasi mewakili struktur organisasi dalam hal hubungan antara personil atau departemen dan merupakan cara yang paling intuitif untuk memahami organisasi Anda.

Diagram TQM adalah pendekatan manajemen organisasi yang komprehensif dan terstruktur yang mencapai kualitas produk dan layanan terbaik dengan menggunakan penyempurnaan yang efektif sebagai tanggapan terhadap umpan balik yang berkesinambungan, dan dengan menggunakannya secara efektif untuk memberikan nilai terbaik bagi pelanggan, sekaligus mencapai tujuan jangka panjang dari organisasi.

Diagram Workflow dirancang untuk membuat diagram arus informasi, otomasi proses bisnis, proses bisnis re-engineering, akuntansi, manajemen, dan tugas sumber daya manusia.

Pemetaan Aliran Nilai adalah mekanisme untuk memperbaiki waktu dan produktivitas siklus dengan memisahkan secara visual penambahan nilai dari kegiatan yang tidak bernilai tambah.

 

Demikian informasi mengenai Pengertian, Macam-Macam Diagram Serta Contohnya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian, Macam-Macam Diagram Serta Contohnya

About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
@2015 Bersiap BLog