Pengertian Kimia Menurut Para Ahli


Konten dari Artikel ini :

    Pengertian Kimia

    Kimia adalah ilmu yang mempelajari struktur, komposisi, dan sifat zat dari perubahan skala molekul dan atom serta interaksi mereka untuk membentuk materi. Dan juga mempelajari sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik umumnya ditentukan oleh struktur materi pada tingkat atom.

    Sejarah Kimia

    Akar kimia dapat ditelusuri ke fenomena pembakaran atau api. Api sebagai kekuatan mistik yan dapat mengubah suatu zat menjadi zat lain. Setelah emas ditemukan dan menjadi sebuah logam mulia, banyak orang yang tertarik untuk menemukan metode yang dapat mengubah zat lain menjadi emas. Hal ini menciptakan protosains yang disebut Alkimia.

    Alkemis menemukan banyak proses kimia yang mengarah pada pengembangan kimia modern. Selama sejarah, alkemis terkemuka (terutamaAbu Musa Jabir bin Hayyan danParacelsus) mengembangkan alkimia menjauh dari filsafat dan mistisisme dan mengembangkan lebih sistematis dan ilmiah. Para alkemis pertama yang Dianggap menerapkan metode ilmiah untuk membedakan antara alkimia dan kimia dan alkimia adalah Robert Boyle(1627-1691).

    Nobel Kimia diciptakan pada tahun 1901 Memberikan gambaran yang baik dari penemuan kimia selama 100 tahun terakhir. Pada bagian awal abad ke-20, mengungkapkan sifat mekanika kuantum atom dan subatom mulai menjelaskan sifat fisik ikatan kimia. Pada abad ke-20 pertengahan, kimia telah berkembang dan mampu memahami aspek biologi yang meluas ke bidang biokimia.

     

    Cabang Ilmu Kimia

    Kimia secara umum dapat dibagi menjadi beberapa bidang. Ada juga beberapa cabang antar-bidang dan cabang yang lebih khusus dalam kimia.

    Lima Cabang Utama:

    1. Kimia analitik merupakan analisis bahan rekaman untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang komposisi kimia dan struktur.
    2. Biokimia yang mengkaji reaksi, interaksi dan senyawa kimia yang terjadi dalam organisme hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan erat, seperti dalam kimia neurokimia atau medisinal.
    3. Kimia anorganik yang mempelajari reaksi dan sifat senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidak begitu mutlak, khususnya di bidang kimia organologam.
    4. Kimia organik mempelajari struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.
    5. Kimia fisik yang mempelajari dasar fisik sistem dan proses kimia, khususnya, dinamikadan energetika sistem. Daerah penting dalam penelitian ini antara spektroskopi, kinetika kimia, elektrokimia, mekanika statistik dan termodinamika kimia Industri Kimia

    Industri kimia sebagai salah satu aktivitas ekonomi yang sangat penting. Top dunia 50 produsen kimia pada tahun 2004 memiliki penjualan USD $ 587.000.000.000, dengan margin keuntungan 8,1% dan rekayasa penegluaran (penelitian dan pengembangan) sebesar 2,1% dari total penjualan kimia.

    Demikian informasi mengenai Pengertian Kimia Menurut Para Ahli. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian Kimia Menurut Para Ahli

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog