Pengertian Kreatif Dan Inovatif Secara Lengkap


Konten dari Artikel ini :

    Pengertian Kreatif dan Inovatif Secara Lengkap - Kreativitas adalah kemampuan atau tindakan untuk mengandung sesuatu yang orisinal atau tidak biasa

    Inovatif adalah implementasi dari sesuatu yang baru.

    Penemuan adalah penciptaan sesuatu yang belum pernah dibuat sebelumnya dan diakui sebagai produk dari beberapa wawasan unik.

    Jika Anda memiliki pertemuan brainstorming dan memimpikan lusinan gagasan baru, maka Anda telah menunjukkan kreativitas namun tidak ada inovasi sampai ada yang bisa diterapkan. Seseorang harus mengambil risiko dan memberikan sesuatu agar ide kreatif berubah menjadi inovasi. Penemuan mungkin merupakan produk atau perangkat atau metode yang belum pernah ada sebelumnya. Jadi setiap penemuan merupakan inovasi. Tapi setiap inovasi bukanlah sebuah penemuan. Ketika perusahaan Anda pertama kali menerbitkan situs webnya yang merupakan inovasi besar bagi perusahaan meskipun banyak situs web lain sudah ada.

    Kita cenderung menganggap inovasi sebagai produk baru namun Anda bisa berinovasi dengan proses, metode, model bisnis, kemitraan, rute ke pasar atau metode pemasaran yang baru. Memang setiap aspek operasi bisnis Anda adalah kandidat untuk inovasi. Peter Drucker berkata, 'Setiap organisasi harus mempersiapkan pengabaian segala sesuatu yang dilakukannya.' Jadi, jangan membatasi visi inovasi Anda terhadap produk. Beberapa inovasi paling kuat yang dapat Anda lakukan adalah metode bisnis dan layanan pelanggan. Jika kita melihat perusahaan seperti Dell, eBay dan Amazon, kita melihat bahwa inovasi hebat mereka ada pada model bisnis mereka daripada produk baru.

    Inovasi bisa bersifat incremental atau radikal. Setiap peningkatan yang Anda buat dalam produk atau layanan dapat dilihat sebagai inovasi tambahan. Sebagian besar bisnis dan sebagian besar manajer memiliki inovasi inkremental yang baik. Mereka melihat masalah dalam pengaturan saat ini dan mereka memperbaikinya. Inovasi radikal melibatkan menemukan cara baru untuk melakukan sesuatu. Karena itu mereka sering berisiko dan sulit diimplementasikan. Sebagian besar organisasi yang lebih besar dan kebanyakan manajer miskin dalam inovasi radikal. Jika Anda telah membuat catatan LP, Anda bisa saja memperkenalkan inovasi inkremental dalam desain dan pemasaran Anda. Namun jika ini adalah strategi Anda maka inovasi radikal, CD, akhirnya akan membunuh Anda. Produsen CD juga bisa mengenalkan berbagai perbaikan tambahan. Sekali lagi inovasi radikal, unduhan musik melalui internet, akan membuat penawaran Anda usang. Jadi kita perlu terus mencari inovasi inkremental dan inovasi radikal. Kita perlu mengembangkan kreativitas dan mengubahnya dengan cepat menjadi inovasi.

    Apa itu Inovasi / Inovatif?

    Inovasi adalah penerapan produk, layanan atau proses yang baru atau signifikan, yang menciptakan nilai bagi bisnis, pemerintahan atau masyarakat.

    Beberapa orang mengatakan kreativitas tidak ada hubungannya dengan inovasi - bahwa inovasi adalah sebuah disiplin, yang menyiratkan bahwa kreativitas tidak. Yah, saya tidak setuju. Kreativitas juga merupakan disiplin, dan merupakan bagian penting dari persamaan inovasi. Tidak ada inovasi tanpa kreativitas. Metrik kunci dalam kreativitas dan inovasi adalah penciptaan nilai.
    Kreativitas dan Pembangunan Ekonomi:

    Kita hidup di zaman kreativitas. Daniel Pink dalam bukunya, A Whole New Mind: Mengapa Hak-Otak Akan Memerintah Masa Depan mendefinisikan Pembangunan Ekonomi sebagai:
    1. Pertanian Umur (petani)
    2. Era Industri (pekerja pabrik)
    3. Era Informasi (knowledge worker)
    4. Usia Konseptual (pencipta dan empati)

    Pink berargumen bahwa otak kiri linier, pemikiran seperti komputer analitis digantikan oleh empati, kreativitas, dan pemahaman otak kanan sebagai keterampilan yang paling dibutuhkan oleh bisnis. Dengan kata lain, kreativitas memberi Anda keunggulan kompetitif dengan menambahkan nilai pada layanan atau produk Anda, dan membedakan bisnis Anda dari pesaing. Tanpa kreativitas, Anda ditakdirkan untuk bersaing di komoditas neraka!
    Kreativitas adalah Faktor Paling Krusial untuk Sukses Masa Depan

    Studi CEO IBM Global 2010 menyatakan:

    Dampak meningkatnya kompleksitas menuntut CEO dan tim mereka untuk memimpin dengan kreativitas yang berani, terhubung dengan pelanggan dengan cara yang imajinatif dan merancang operasi mereka untuk kecepatan dan fleksibilitas untuk memposisikan organisasi mereka selama sukses seabad dua puluh satu.
    Gap Kreativitas

    Sebuah studi Adobe 2012 tentang kreativitas menunjukkan 8 dari 10 orang merasa bahwa membuka kreativitas sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dan hampir dua pertiga responden merasa kreativitas sangat berharga bagi masyarakat, namun merupakan minoritas yang mencolok - hanya 1 dari 4 orang - percaya bahwa mereka hidup. Untuk potensi kreatif mereka sendiri.
    Dapatkah kreativitas dipelajari?

    Jawaban singkatnya adalah iya. Sebuah studi oleh George Land mengungkapkan bahwa kita secara alami kreatif dan saat kita dewasa, kita belajar untuk menjadi tidak kreatif. Kreativitas adalah keterampilan yang bisa dikembangkan dan proses yang bisa dikelola.

    Kreativitas dimulai dengan dasar pengetahuan, belajar disiplin, dan menguasai cara berpikir. Anda dapat belajar untuk menjadi kreatif dengan bereksperimen, mengeksplorasi, mempertanyakan asumsi, menggunakan informasi imajinasi dan penyatuan. Belajar menjadi kreatif sama seperti belajar olahraga. Hal ini membutuhkan latihan untuk mengembangkan otot kanan, dan lingkungan yang mendukung untuk berkembang.

    Studi oleh Clayton M. Christensen dan para perisetnya menemukan The Innovators DNA: Kemampuan Anda untuk menghasilkan gagasan inovatif bukan hanya fungsi pikiran, tapi juga merupakan fungsi dari lima perilaku kunci yang mengoptimalkan otak Anda untuk ditemukan:

        Mengaitkan: menarik koneksi antara pertanyaan, masalah, atau gagasan dari bidang yang tidak terkait
        Mempertanyakan: mengajukan pertanyaan yang menantang kearifan umum
        Mengamati: meneliti perilaku pelanggan, pemasok, dan pesaing untuk mengidentifikasi cara baru dalam melakukan sesuatu
        Jaringan: bertemu orang dengan ide dan perspektif yang berbeda
        Bereksperimen: membangun pengalaman interaktif dan memprovokasi tanggapan yang tidak ortodoks untuk melihat wawasan yang muncul

    Sir Richard Branson memiliki mantra yang membentang melalui DNA perusahaan Virgin. Mantanya adalah A-B-C-D. (Selalu Terhubung Titik Titik). Kreativitas adalah praktik, dan jika Anda berlatih menggunakan lima keterampilan penemuan ini setiap hari, Anda akan mengembangkan keterampilan Anda dalam kreativitas dan inovasi.
    Sumber daya kreativitas tambahan:
    Workshop Kreativitas dan Inovasi
    Daftar alat dan teknik kreativitas yang dikuratori
    Mengatasi mitos tentang kreativitas

    Keyakinan bahwa hanya orang spesial dan berbakat yang kreatif (dan Anda harus dilahirkan seperti itu) mengurangi kepercayaan diri terhadap kemampuan kreatif kita. Gagasan bahwa orang jenius seperti Shakespeare, Picasso dan Mozart adalah 'berbakat' adalah sebuah mitos, menurut sebuah studi di Universitas Exeter. Peneliti meneliti pertunjukan yang luar biasa dalam seni, matematika dan olahraga, untuk mengetahui apakah "kepercayaan luas bahwa untuk mencapai kemampuan tingkat tinggi seseorang harus memiliki bakat bawaan yang disebut bakat."

    Studi ini menyimpulkan bahwa keunggulan ditentukan oleh:

        Kesempatan
        dorongan
        latihan
        Motivasi, dan
        Yang paling penting, praktekkan.

    "Sedikit yang menunjukkan tanda-tanda awal janji sebelum dorongan orang tua." Tidak ada yang mencapai tingkat prestasi tinggi di bidang mereka tanpa menghabiskan ribuan jam latihan serius. Mozart dilatih selama 16 tahun sebelum dia menghasilkan karya besar yang diakui. Apalagi banyak pemain berkinerja tinggi mencapai tingkat keunggulan saat ini yang sesuai dengan kemampuan seorang Mozart, atau Medali Emas dari pergantian abad ini. "(The Vancouver Sun, Sept.12 / 98)

    Demikian informasi mengenai Pengertian Kreatif Dan Inovatif Secara Lengkap. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian Kreatif Dan Inovatif Secara Lengkap

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog