Pengertian Informasi Dan Jenis-Jenis Informasi


Konten dari Artikel ini :

    Informasi (disingkat sebagai Info) adalah yang menginformasikan.  Hal ini juga yang dari mana pengetahuan dan data dapat diturunkan sebagai data merupakan nilai-nilai dikaitkan dengan parameter, dan pengetahuan menandakan pemahaman hal nyata atau konsep-konsep abstrak. Seperti menganggap data, keberadaan informasi itu belum tentu digabungkan ke pengamat ( itu ada di luar cakrawala peristiwa, misalnya), sedangkan dalam kasus pengetahuan, informasi memerlukan pengamat kognitif.

    Pada yang paling mendasar, informasi adalah setiap propagasi sebab dan akibat dalam suatu sistem. Informasi disampaikan baik sebagai isi pesan atau melalui pengamatan langsung atau tidak langsung dari beberapa hal. Itu yang dirasakan dapat ditafsirkan sebagai pesan dalam dirinya sendiri, dan dalam arti bahwa, informasi selalu disampaikan sebagai isi pesan.

    !ads

    Informasi dapat dikodekan ke dalam berbagai bentuk untuk transmisi dan interpretasi (misalnya, informasi dapat dikodekan ke urutan tanda-tanda, atau dikirimkan melalui urutan sinyal). Hal ini juga dapat dienkripsi untuk penyimpanan yang aman dan komunikasi.

    Informasi menyelesaikan ketidakpastian. Ketidakpastian acara diukur dengan probabilitas kejadian dan berbanding terbalik dengan itu. Semakin pasti suatu peristiwa, informasi lebih diperlukan untuk menyelesaikan ketidakpastian dari peristiwa itu. 

    Informasi berharga karena dapat mempengaruhi perilaku, keputusan, atau hasil. Misalnya, jika seorang manajer diberitahu laba bersih / nya perusahaannya menurun pada bulan lalu, ia / dia dapat menggunakan informasi ini sebagai alasan untuk memotong pengeluaran keuangan untuk bulan berikutnya. Sepotong informasi dianggap berharga jika, setelah menerima itu, hal-hal tetap tidak berubah.

    !ads

    Fungsi dari sebuah informasi

    Fungsi informasi, sangalah bergantung dari hal berikut :

    • Tujuan si penerima – apabila informasi itu tujuannya untuk memberi sebuah bantuan, maka informasi itu harus membantu si penerima dalam apa yang dia usahakan untuk memperolehnya.
    • Ketelitian penyampaian & pengolahan data – dalam memberikan atau menyampaikan dan mengolah data, inti & pentingnya informasi harus dipertahankan. 
    • Semantik – apakah hubungan antara kata-kata dan arti yang diinginkan sudah cukup jelas? Apakah ada kemungkinan ada salah tafsir?
    • Waktu – Apakah informasi tersebut masih up-to-date?
    • Ruang atau tempat – pakah informasi tersebut tersedia dalam ruangan atau tempat yang tepat?
    • Bentuk – dapatkan informasi itu dugunakan secara efektif? Apakah informasi tersebut menunjukkan hubungan-hubungan yang memang diperlukan, bidang-bidang yang memerlukan perhatian manajemen? serta apakah informasi tersebut menekankan situasi-situasi yang ada hubungannya?

    Jenis Jenis Informasi 

    • Informasi berdasarkan lokasi peristiwa yakni informasi berdasarkan lokasi peristiwa berlangsung
    • Informasi berdasarkan bidang kehidupan yakni informasi berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada, 
    • Informasi berdasarkan fungsi  yakni  informasi berdasarkan materi dan kegunaan informasi. 
    • Informasi berdasarkan format penyajian yakni informasi berdasarkan bentuk penyajian informasi. Informasi jenis ini, antara lain berupa foto, karikatur, lukisan abstrak

     

    Demikian informasi mengenai Pengertian Informasi Dan Jenis-Jenis Informasi. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian Informasi Dan Jenis-Jenis Informasi

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog