Pengertian Gateway Dan Fungsinya


Konten dari Artikel ini :

    Sebuah jaringan gateway adalah sistem internetworking mampu bergabung bersama dua jaringan yang menggunakan protokol dasar yang berbeda. Sebuah gateway jaringan dapat diimplementasikan sepenuhnya dalam perangkat lunak, benar-benar dalam perangkat keras, atau sebagai kombinasi keduanya. Tergantung pada jenis protokol mereka mendukung, gateway jaringan dapat beroperasi pada setiap tingkat dari model OSI.

    Karena gateway jaringan, menurut definisi, muncul di tepi jaringan, kemampuan terkait seperti firewall cenderung diintegrasikan dengan itu.

    !ads

    Pada jaringan rumah, router broadband biasanya berfungsi sebagai gateway jaringan meskipun komputer biasa juga dapat dikonfigurasi untuk melakukan fungsi setara.

    Sebuah gateway adalah perangkat komunikasi data yang menyediakan jaringan remote dengan konektivitas ke jaringan host.

    Sebuah perangkat gateway menyediakan komunikasi ke jaringan remote atau sistem otonom yang di luar batas untuk node jaringan host. Gateway berfungsi sebagai titik masuk dan keluar dari jaringan; semua data diarahkan ke dalam atau ke luar harus terlebih dahulu melewati dan berkomunikasi dengan gateway untuk menggunakan jalur routing. Umumnya, router dikonfigurasi untuk bekerja sebagai perangkat gateway dalam jaringan komputer.
    Techopedia menjelaskan Gateway

    Setiap jaringan memiliki batas atau batas, sehingga semua komunikasi ditempatkan dalam jaringan yang dilakukan menggunakan perangkat yang melekat padanya, termasuk switch dan router. Jika node jaringan ingin berkomunikasi dengan node / jaringan yang berada sisi luar dari jaringan atau sistem otonom, jaringan akan membutuhkan jasa gateway, yang akrab dengan jalur routing jaringan jarak jauh lainnya.

    Gateway (atau default gateway) diimplementasikan pada batas jaringan untuk mengelola semua komunikasi data yang diarahkan secara internal atau eksternal dari jaringan itu. Selain paket routing, gateway juga memiliki informasi tentang jalur internal jaringan host dan jalur belajar dari jaringan jarak jauh yang berbeda. Jika node jaringan ingin berkomunikasi dengan jaringan asing, itu akan berlalu paket data ke gateway, yang kemudian rute ke tujuan menggunakan mungkin jalan terbaik.

    !ads

    Apa artinya Default Gateway?

    Sebuah default gateway berfungsi sebagai titik akses atau router IP yang menggunakan jaringan komputer untuk mengirim informasi ke komputer di jaringan lain atau internet. Bawaan berarti bahwa gerbang ini digunakan secara default, kecuali aplikasi menentukan gateway lain. Server default bahkan tidak perlu router; mungkin komputer dengan dua adapter jaringan, di mana satu terhubung ke subnet lokal dan yang lain terhubung ke jaringan luar.
    Techopedia menjelaskan Default Gateway

    Sebuah default gateway memungkinkan komputer pada jaringan untuk berkomunikasi dengan komputer pada jaringan lain. Tanpa itu, jaringan terisolasi dari luar. Pada dasarnya, komputer mengirim data yang terikat untuk jaringan lain (yang bukan milik rentang IP lokal) melalui default gateway.

    Administrator jaringan mengkonfigurasi routing kemampuan komputer dengan alamat awal berbagai IP sebagai gateway default dan menunjukkan semua klien ke alamat IP.

    Demikian informasi mengenai Pengertian Gateway Dan Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian Gateway Dan Fungsinya

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog