Pengertian Dan Macam-Macam Kebutuhan

Pengertian Dan Macam-Macam Kebutuhan


Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidup. Untuk dapat bertahan hidup, manusia harus memenuhi segala macam kebutuhannya. Kebutuhan manusia ini dapat berupa barang dan jasa. Barang adalah sesuatu yang berwujud (tangible), seperti makanan, minuman, pakaian, dan perumahan. Adapun jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud (intangible), seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, dan rekreasi.

Kebutuhan manusia akan barang dan jasa, dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Faktor-faktor yang memengaruhi berkembangnya kebutuhan manusia di antaranya sebagai berikut.

a. Sifat manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah mereka peroleh dan mereka miliki.

b. Adanya pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi, yaitu rata-rata 2,1 juta jiwa per detik atau sekitar 65 juta orang per tahun.

c. Kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas, sedangkan sumber daya untuk menghasilkan semua barang dan jasa yang dibutuhkan manusia sifatnya terbatas. Keadaan seperti inilah yang disebut kelangkaan (scarcity).
 

Adanya keterbatasan sumber daya yang tersedia menyebabkan manusia dihadapkan pada pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif. Pilihan yang bersifat individu, misalnya Anda sebagai pelajar dihadapkan pada pilihan untuk membeli buku pelajaran atau pakaian. Adapun pilihan kolektif, misalnya membangun jembatan atau memperbaiki selokan.

Macam-Macam Kebutuhan Manusia dan Contohnya 

Beragamnya kebutuhan manusia dapat di klasifikasikan menurut tolak ukur tertentu. Oleh karnanya kebutuhan terbagi atas beberapa kelompok antara lain sebagai berikut.. 

 

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaan

  • Kebutuhan Primer : Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama untuk dipenuhi yakni makanan, pakaian dan perumahan.  Contohnya : Baju , Makanan, tempat tinggal atau rumah. 
  • Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan agar kehidupan manusia dapat berjalan baik. Contohnya : peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, meja, kursi, radio, buku alat tulis dan komputer serta masih banyak lagi 
  • Kebutuhan Tersier: Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bertuju kepada kebutuhan mewah. Kebutuhan dapat terjadi jika kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Contohnya : Mobil ferrari, berwisata ke luar negeri, kapal pesiar, apartemen, pesawat pribadi, pulau pribadi, helikopter pribadi. 

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya 

  • Kebutuhan Jasmani : Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan manusia dalam memelihara raga/fisik. Contohnya : Istirahat, olahraga, makanan, minuman, dan pakaian.
  • Kebutuhan Rohani : Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan dalam pemenuhan jiwa atau batin. Contohnya : beribadah, hiburan, kesenian, rekreasi, dan membaca buku, serta berkumpul dengan orang tua. 

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Waktunya

  • Kebutuhan Sekarang : Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya harus sekarang atau tidak dapat ditunda-tunda. Contohnya : obat, operasi. 
  • Kebutuhan Yang Akan Datang/Masa Depan :Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat di tunda, tetapi harus dipersiapkan dari sekarang. Contohnya : tabungan, Perlengkapan bayi bagi wanita hamil, Orang tua mempersiapkan pemenuhan anaknya yang akan masuk kedunia pendidikan, Asuransi. 
  • Kebutuhan Tidak Terduga : Kebutuhan tidak terduga adalah pemenuhan kebutuhan yang datang secara tiba-tiba. Contohnya : konsultasi kesehatan. 

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Subyek yang ditubuhkan

  • Kebutuhan Individual : Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang diperuntukkan bagi perorangan(individu). Contohnya : kebutuhan cleaning service  dengan kebutuhan tentara, kebutuhan presiden dengan kebutuhan pelayan. 
  • Kebutuhan Kolektif/Kelompok : Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Contohnya : Pasar, jalan, rumah sakit, jembatan, angkutan umum, dan sekolah. 

Demikian informasi mengenai Pengertian Dan Macam-Macam Kebutuhan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian Dan Macam-Macam Kebutuhan

About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
@2015 Bersiap BLog