Pengertian , Contoh, Kegunaan Dan Syarat Curriculum Vitae

Pengertian,,,Contoh,,Kegunaan,dan,Syarat,Curriculum,Vitae

Konten dari Artikel ini :

    Kita mungkin sering mendengar kata Curriculum Vitae, yang disingkat menjadi CV. Saat akan melamar pekerjaan, CV ini harus dipersiapkan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk merekrut kita. Secara umum, CV dipakai untuk memperkenalkan diri.

    Pengertian Curriculum Vitae

    Menurut Wikipedia, Curriculum Vitae adalah:

    Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya.

    Curriculum Vitae diambil dari bahasa latin. Terjemahan bebasnya adalah: perjalanan hidup saya. Dalam Bahasa Indonesia, nama lainnya adalah biodata atau daftar riwayat hidup. Pada berkas ini, Anda harus memberi keterangan yang berguna selengkap mungkin tentang diri Anda. Misal, nama panjang dan nama panggilan, tempat/tanggal lahir, kewarganegaraan, dsb.

    Kegunaan CV Curriculum Vitae

    CV atau biodata atau riwayat hidup punya beberapa kegunaan antara lain:

    1. Sebagai berkas wajib saat melamar pekerjaan

    2. Sebagai data pengenal diri ketika menjadi pembicara seminar/workshop

    3. Sebagai berkas wajib yang dilampirkan ketika mengajukan permohonan beasiswa

    4. dan lain lain

     

    Contoh CV Curriculum Vitae

     

    DAFTAR RIWAYAT HIDUP

    DATA PRIBADI

    Nama

    :

    Muki Diwodo

    Nama Panggilan

    :

    Mukidi

    Tempat, Tanggal Lahir

    :

    Surakarta, 21 Juni 1991

    Alamat

    :

    Jl Katak gang Beludru, Solo

    No. HP

    :

    0812 34567890

    Jenis Kelamin

    :

    Laki-laki

    Agama

    :

    Islam

    Kewarganegaraan

    :

    Indonesia

    Email

    :

    [email protected]

     

    PENDIDIKAN FORMAL

    • SD Negeri 1 Surakarta

    • SMP Negeri 1 Surakarta

    • SMA Negeri 1 Surakarta

    • Universitas Gajah Mada, Jogjakarta. Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika

     

    PENGALAMAN KERJA

    • Web Programmer di PT Berkah Daya Informatika (2015-2016)

    • Database Administrator di PT Baracom (2016-Sekarang)

     

     

    Syarat CV Curriculum Vitae yang Baik

    Tentu tak sembarang saja membuat CV. Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar CV kita memenuhi syarat cv yang baik. Antara lain seperti berikut:

    1. Memuat informasi penting yang diperlukan pembacanya.

    Misalnya nama lengkap, tempat tanggal lahir, suku, agama, dan sebagainya.

    2. Tidak perlu mencantumkan informasi yang tidak relevan.

    Untuk keperluan melamar pekerjaan, tidak perlu dicantumkan ukuran sepatu di Curriculum Vitae. Atau daftar buku bacaan yang pernah dibaca. Sebenarnya hobi pun tidak terlalu relevan untuk diperkenalkan kepada perusahaan.

    3. Lengkap, tapi jangan terlalu panjang.

    Memuat informasi yang lengkap, itu harus. Tapi bukan berarti membuat cv anda berlembar-lembar. Seorang staff HRD hanya perlu melihat beberapa data penting, pengalaman kerja, dan kompetensi. Merujuk kembali ke nomor 2, tidak perlu mencantumkan informasi yang tidak relevan agar berkas CV tidak kepanjangan.

    4. Menggunakan format font dan tata letak yang menarik.

    Staff HRD dari pihak perusahaan sebagai pencari kerja tentu akan menerima begitu banyak CV dari para pelamar. Nah, jangan sampai CV Anda dilewati begitu saja karena tampilan yang tidak menarik.

     

    CV Untuk Melamar Pekerjaan

    Hal yang harus ada saat menyusun biodata untuk melamar pekerjaan, selain data diri yang umum (nama, ttl, agama, dll) adalah:

    1. Riwayat Pekerjaan

    Ini penting karena perusahaan akan melacak bidang yang pernah Anda bekerja di sana. Bikin daftar riwayat pekerjaan dimulai dari yang sekarang, lalu yang kemarin, yang agak lebih lama, dst. Berdasarkan kronologis tapi dari yang terkini.

    Dari riwayat pekerjaan ini pihak perusahaan juga akan menilai apakah Anda seorang kutu loncat atau seorang yang setia dengan tempat bekerja. Juga dilihat jenjang karir Anda.

    Jelaskan dengan rinci apa job description Anda selama di perusahaan yang Anda pernah bekerja, proyek-proyek apa yang dikerjakan, prestasi, kenaikan jenjang karir, dsb.

    2. Kompetensi atau Skill

    Sertakan dengan lengkap semua skill yang Anda punya. Jelaskan juga penilaian umum dari penguasaan Anda terhadap skill tersebut (missal: Basic atau Intermediate). Lalu kalau pihak perusahaan tertarik dengan skill yang Anda punya, siap-siap Anda akan ditest langsung oleh mereka. Itu kesempatan Anda membuktikan kemampuan yang dimiliki.

    3. Riwayat Pendidikan

    Ini penting karena kadang-kadang ada perusahaan yang menerima pelamar berdasarkan sekolah atau unviersitas tempat si pelamar pernah belajar. Jelaskan Anda pernah mengambil jurusan apa di fakultas apa, serta nama kampusnya. Lengkapi juga dengan skor IPK.

    Dibuat kronologis, boleh dimulai dari yang tertinggi atau terendah.

    4. Data sertifikasi yang pernah didapat.

    Sebagai pembuktian kompetensi tertentu, biasanya perlu ada sertifikat dari suatu lembaga. Untuk mendapatkannya, harus melewati ujian. Nah, bila Anda memang punya sertifikat itu, tulis dalam CV dan lampirkan fotokopiannya saat melamar pekerjaan.

     

    CV Untuk Beasiswa

    CV juga penting untuk permohonan beasiswa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

    1. Berikan data pribadi lengkap bersama riwayat pendidikan

    Di data ini, jelaskan prestasi Anda dalam bidang akademik agar pembaca terkesan. Data ini lah yang harus Anda tonjolkan untuk menjual diri Anda sebagai orang yang berprestasi dan berhak mendapat beasiswa.

    2. Tuliskan karya-karya ilmiah yang pernah dibuat

    Karya ilmiah juga hal yang bisa dijual untuk meyakinkan pihak pemberi beasiswa. Jangan lupa menyertakan data ini. Apalagi bila hendak memohon beasiswa untuk S2 dan S3.

    3. Beberkan Prestasi yang Pernah Diraih

    Para atlet sering mendapat beasiswa pendidikan. Ini karena mereka punya prestasi. Sehingga pemberi dana tidak segan mengucurkan bantuan kepada mereka. Karena itu, dalam CV Anda harus tertera juga berbagai prestasi yang pernah diraih. Tentu yang relevan. Juara lomba 17-an tidak layak ada di dalam CV.

    4. Sebutkan Kompetensi

    Donatur beasiswa perlu diyakinkan dengan kompetensi yang Anda miliki. Tentu dibuktikan dengan piagam/sertifikat kursus atau ujian skill tertentu. Mereka akan senang hati memberi biaya pendidikan bagi orang yang punya kemampuan.

    Demikian informasi mengenai Pengertian , Contoh, Kegunaan Dan Syarat Curriculum Vitae. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Pengertian , Contoh, Kegunaan Dan Syarat Curriculum Vitae

      Sosial Media : Fanpage Belajar Islam Twitter Bersiap Twitter Client

      DMCA.com Protection Status

      About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
      @2015 Bersiap BLog