Niat, Cara, Keutamaan Dan Menjamak Sholat Zhuhur

sholat

Konten dari Artikel ini :

    Sholat Zhuhur Adalah….

    Diawali sejak matahari telah bergerak sedikit ke arah barat dari tengah-tengah cakrawala, hingga masuk waktu sholat berikutnya yaitu ashar (ketika bayang-bayang sama panjang dengan bendanya). Di Jabodetabek dan sekitarnya, waktu mulai sholat zhuhur berkisar dari jam 11.39 (Bulan Oktober -November) hingga pukul 12.08 (Bulan Maret), tergantung waktu dan pergerakan matahari. Dikerjakan dengan empat rakaat, dua kali salam, dan dua kali duduk tahiyat.

    Itu tadi adalah sholat zhuhur yang sudah biasa kita kerjakan.


    Keutamaan Sholat Zhuhur

    Ada dua hadist yang menjelaskan antara pintu langit yang terbuka di mana saat itu adalah saat mustajab untuk berdoa, dan waktu zhuhur.

    Yang pertama, ”Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka hingga tergelincir matahari dan tidaklah tertutup hingga shalat zhuhur maka aku ingin saat itu yang naik bagiku adalah suatu kebaikan.” (Shahih at Targhib, 584).

    Dan yang kedua, ”Empat rakaat sebelum zhuhur tanpa salam diantara rakaat-rakaatnya maka terbukalah pintu-pintu langit.” (Shahih al Jami, 885)

    Sebagaimana riwayat Abu Huroiroh, bahwa terbukanya pintu langit adalah kesempatan untuk berdoa.

    ”Sesungguhnya pintu-pintu langit terbuka saat barisan (kaum muslimin) yang berjihad di jalan Allah melakukan penyerangan, ketika turun hujan lebat, ketika iqomat untuk melaksanakan shalat wajib maka raihlah keberuntungan didalamnya dengan berdoa.” (al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 7163)

    Maka, perbanyak berdoa menjelang zhuhur yang dilengkapi dengan sholat sunnah qobliyah empat rakaat adalah kesempatan buat kita memanjatkan segala hajat kepada Allah swt.

    Selain itu, sholat zhuhur adalah “peristirahatan” di tengah puncaknya aktivitas umat manusia. Sebagaimana Rasulullah saw yang menjadikan sholat sebagai hiburan untuknya. "Yaa Bilal, arihna bish sholah". "Wahai Bilal, Istirahatkan kami dengan solat." Begitu kata Rasulullah saw kepada sahabatnya, Bilal bin Rabah r.ha.


    Niat Sholat Zhuhur

    Niat adalah rukun sholat. Agar terlaksana rukun tersebut, maka perlu dilafazhkan ucapan berikut:

    اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

    Artinya: Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

    Bacaan di atas hanyalah alat bantu untuk memantapkan hati. Ada pun niat adanya di hati. Rasulullah saw memang tidak pernah mencontohkan menyebutkan bacaan niat, tetapi sebagai alat bantu agar hati bisa fokus untuk sholat, ulama membolehkan bahkan menganjurkan selama tidak diyakini berasal dari Nabi saw.


    Cara Sholat Zhuhur

    Sholat Zhur terdiri dari  13 rukun sholat, berikut cara melaksanakan sholat Zhuhur:

    1.    Berdiri bagi yang mampu
    2.    Takbiiratul-Ihraam,
    3.    Membaca Al-Fatihah pada setiap rakaatnya,
    4.    Ruku’,
    5.    I’tidal setelah ruku’,
    6.    Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah,
    7.    Duduk di antara dua sujud,
    8.    Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan,
    9.    Tertib rukun-rukunnya,
    10.    Tasyahhud Akhir,
    11.    Duduk untuk Tahiyyat Akhir,
    12.    Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
    13.    Salam dua kali.

    Sholat zhuhur dikerjakan dengan 4 rakaat, dua kali salam, dan dua kali tahiyat (awal dan akhir). Bacaannya di-sirr-kan, atau tidak dikeraskan. Dua rakaat awal membaca Al-Fatihah dan surat pendek, dua rakaat akhir hanya membaca Al-Fatihah


    Sholat Zhuhur Berjamaah

    Dianjurkan juga untuk berjamaah di masjid agar mendapat keutamaan yang besar. Rasulullah saw bersabda, “Salat berjamaah itu lebih utama dari salat sendirian dengan 27 derajat.” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)


    Menjamak Sholat Zhuhur

    Bila sedang dalam perjalanan, atau sedang sakit, atau ada keperluan mendesak, sholat zhuhur boleh dijamak. Yaitu dilakukan pada waktu sholat ashar. Ini disebut dengan jamak ta’khir.

    Demikian informasi mengenai Niat, Cara, Keutamaan Dan Menjamak Sholat Zhuhur. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Niat, Cara, Keutamaan Dan Menjamak Sholat Zhuhur

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog