Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis Dan Ekosistem


Konten dari Artikel ini :

    Dunia hidup adalah kombinasi kompleks berbagai tingkat organisme. Komponen utama dari hidup adalah pada satu ekstrim dan komunitas spesies di ekstrim lainnya. Manifestasi dari semua jenis keanekaragaman yang ditemukan di semua tingkatan ini organisme. Keanekaragaman hayati adalah bentuk pendek dari kata keanekaragaman hayati yang berarti keragaman dalam dunia biologi. Dengan demikian kita dapat mendefinisikan keanekaragaman hayati sebagai tingkat variasi dalam alam berkaitan dengan spesies biologis.

    Jenis Keanekaragaman Hayati:

    (A) Keanekaragaman gen:

    Ini adalah variasi gen dalam spesies. Hal ini menyebabkan populasi berbeda dari satu, bahkan spesies yang sama. Ini memberi variasi genetik dalam populasi atau varietas dalam satu spesies. Ada dua alasan untuk perbedaan antara organisme individual. Salah satunya adalah variasi dalam gen yang memiliki semua organisme yang ditularkan dari satu ke yang keturunan ini.

    Yang lain adalah pengaruh lingkungan pada setiap organisme individu. Variasi dalam urutan empat pasangan basa dalam rantai DNA membentuk variasi genetik dalam organisme. Rekombinasi) materi genetik selama pembelahan sel membuatnya menjadi keharusan bagi keragaman genetik dalam suatu spesies. Hilangnya keragaman genetik dalam suatu spesies disebut erosi genetik.

    Seluruh daerah produktivitas dan pengembangan pertanian tergantung pada keragaman genetik. tanaman serta sumber hewan genetik memainkan peran penting dalam perekonomian suatu negara. keragaman genetik adalah seluruh dasar untuk sistem kehidupan yang berkelanjutan di bumi.

    Para ilmuwan di berbagai belahan dunia sedang mencoba untuk memperkenalkan benih rekayasa genetika di sektor pertanian untuk hasil yang lebih baik serta untuk perlawanan dari situasi kekeringan dan banjir. Orang-orang lokal atau petani tidak menunjukkan minat apapun untuk melestarikan cara alami keanekaragaman genetik.

    (B) Keanekaragaman jenis:

    Hal ini mengacu pada berbagai spesies dalam suatu wilayah tertentu. Jumlah spesies di suatu daerah adalah ukuran keanekaragaman tersebut. Kekayaan spesies di suatu wilayah memberikan tongkat yard untuk keanekaragaman spesies. Keragaman spesies tergantung sebanyak pada keragaman genetik seperti pada kondisi lingkungan.

    daerah dingin mendukung kurang dari daerah yang lebih hangat untuk keanekaragaman spesies. Iklim yang baik dengan geografi fisik yang baik mendukung baik keragaman spesies. kekayaan spesies adalah istilah yang digunakan untuk mengukur keanekaragaman hayati dari situs tertentu.

    Selain kekayaan spesies, spesies endemik adalah istilah yang digunakan untuk mengukur keanekaragaman hayati dengan cara menilai besarnya perbedaan antara spesies. Dalam sistem taksonomi spesies yang sama dikelompokkan bersama-sama pada umumnya, genera yang sama dalam keluarga, keluarga di perintah dan seterusnya sampai di tingkat kerajaan. Proses ini merupakan upaya tulus untuk menemukan hubungan antara organisme. Taksa lebih tinggi memiliki ribuan spesies. Spesies yang sangat berbeda satu sama lain memberikan kontribusi lebih untuk keanekaragaman hayati secara keseluruhan.

    (C) keragaman ekologi:

    Ini adalah jumlah spesies dalam suatu komunitas organisme. Menjaga kedua jenis keanekaragaman merupakan dasar fungsi ekosistem dan karenanya untuk kesejahteraan manusia. India adalah salah satu dari 12 pusat keanekaragaman dan asal beberapa tanaman dibudidayakan di dunia. Diperkirakan 15.000 spesies tanaman terjadi di India. Tanaman berbunga terdiri 15.000 spesies yang beberapa ratus (5000-7500) spesies endemik India. Daerah ini juga kaya akan fauna, yang berisi sekitar 65.000 spesies hewan.

    Di antaranya, lebih dari 50.000 spesies serangga, 4.000 moluska. 6.500 invertebrata lainnya, 2.000 dingin sekali, 140 amfibi, 420 reptil, 1.200 burung dan 340 mamalia dicatat dari India. kekayaan keanekaragaman hayati ini adalah karena berbagai besar dari kondisi iklim dan ketinggian ditambah dengan habitat ekologi yang bervariasi.

    Ini bervariasi dari lembab Ghats tropis Barat untuk gurun panas Rajasthan, dari gurun dingin Ladakh dan pegunungan es Himalaya ke pantai hangat dari semenanjung India termasuk wilayah pesisir Orissa. Gandhamardan Hills dari Sambalpur kaya akan keanekaragaman hayati. Tradisi India mengajarkan kita bahwa semua bentuk kehidupan, manusia, hewan dan tanaman terkait begitu erat gangguan dalam satu menimbulkan ketidakseimbangan dalam lainnya. suci lama kita memberitahu banyak tentang hal-hal ini.
     

    Demikian informasi mengenai Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis Dan Ekosistem. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis Dan Ekosistem

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog