Jenis Diagram Lingkaran Dan Contoh

diagram

Konten dari Artikel ini :

    Diagram Lingkaran barangkali adalah tipe bagan paling banyak ditemui; Mereka bisa ditemukan di surat kabar, laporan bisnis, dan banyak tempat lainnya. Tapi hanya sedikit orang yang benar-benar mengerti fungsi diagram lingkaran dan cara menggunakannya dengan benar. Selain masalah yang berasal dari penggunaan terlalu banyak kategori, masalah terbesar adalah mendapatkan premis dasar: bahwa irisan kue berjumlah keseluruhan yang berarti.

    Hubungan Lingkaran

    Diagram lingkaran sebenarnya adalah desain visual yang sangat cerdas yang menyampaikan satu fakta di atas yang lainnya dengan isyarat visual minimal: bahwa diagram lingkarang mewakili semacam keseluruhan, yang terdiri dari irisan. Tambahkan semua irisan dan Anda mendapatkan pai yang lengkap. Keluarkan satu irisan, dan keseluruhannya akan hilang persis bagian ini. Memperbesar satu bagian, dan bagian lainnya perlu menyusut.

    Pie chart of words consumed

    Apa artinya ini adalah bahwa diagram lingkarang pertama dan terutama mewakili hubungan ukuran antara bagian dan keseluruhannya. Jika sebuah perusahaan memiliki lima divisi, dan diagram lingkaran menunjukkan keuntungan per divisi, jumlah semua irisan / divisi adalah total keuntungan perusahaan.

    Jika bagian-bagiannya tidak berjumlah keseluruhan yang berarti, mereka tidak dapat diwakili dalam diagram lingkaran, titik. Tidak masuk akal untuk menunjukkan lima pekerjaan berbeda dalam diagram lingkaran, karena jelas ada banyak yang hilang. Jumlah subsampel semacam itu tidak berarti, dan perbandingan perbandingan masing-masing individu dengan keseluruhan buatan tidak sama.

    Contoh lain yang digunakan Chandoo baru-baru ini adalah menghitung penggunaan kata-kata. Jelas, ada arti lain dari "bar" (ambil bar mitzvah atau bar none, misalnya), dan sampelnya sangat artifisial (ada juga terlalu banyak irisan, lihat di bawah).

    Diagram Lingkaran konteks kata "bar" digunakan

    Ada satu cara seputar masalah ini, yaitu memiliki kategori lain dalam tabel. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa kasus, namun di lain pihak mungkin sulit untuk menemukan satu (bila kasus lainnya tidak diketahui), atau kategori tersebut mungkin akan mengaburkan beberapa data bermakna (misalnya dengan kategori terbesar) .

    Irisan harus saling eksklusif; Menurut definisi, mereka tidak bisa tumpang tindih. Oleh karena itu, data itu tidak hanya harus berjumlah keseluruhan yang berarti, namun nilainya harus dikategorikan sedemikian rupa sehingga tidak dihitung beberapa kali. Indikator yang baik untuk sesuatu yang salah adalah ketika persentase tidak mencapai 100%, seperti pada tabel berita Fox News yang terkenal.

    Apa Itu Foxpie

    Di sini, orang ditanya kandidat potensial mana yang mereka anggap menguntungkan, tapi mereka bisa memberi nama lebih dari satu. Kategori demikian tidak saling eksklusif, dan bagan tidak masuk akal. Paling tidak, mereka perlu menunjukkan jumlah tumpang tindih antara dua (dan juga ketiga) kandidat lainnya. Meski diberi ukuran angka dan margin error dalam data ini, bagan sama sekali tidak ada artinya.

    Cara Membaca Diagram Lingkaran

    Ada dua fitur yang memungkinkan kita membaca nilai pada diagram lingkaran: sudut penutup slice (dibandingkan dengan lingkaran penuh), dan area irisan (dibandingkan keseluruhan disk). Penelitian menunjukkan bahwa kita melihat sudut di tengah, pada dasarnya mengurangi bagan hanya dengan garis penyeberangan di sana. Kami tidak terlalu bagus dalam mengukur sudut, tapi kami mengenali sudut 90 dan 180 derajat dengan presisi sangat tinggi. Irisan yang menutupi setengah atau seperempat lingkaran karenanya akan menonjol. Yang lain bisa dibandingkan dengan beberapa keberhasilan, tapi membaca angka sebenarnya dari pie chart tidak mungkin dilakukan.

    Kami telah melakukan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat saat membaca angka dari diagram lingkaran jauh lebih rendah daripada grafik lainnya, dan dengan alasan yang bagus: keakuratannya juga jauh lebih rendah. Sebagai konsekuensinya, angka biasanya perlu ditunjukkan juga, dan jumlah irisan perlu dibatasi agar pemirsa bisa mendapatkan ikhtisar tanpa harus mencoba membaca grafik secara rinci (yang membuat frustrasi).

    Mana yang lebih besar pada bagan berikut, potongan hitam atau kuning? Bagaimana dengan hitam dan hijau? Berapa banyak yang lebih besar? Seberapa yakin kamu Dan di mana Anda melihat untuk membandingkan?

    Diagram Lingkaran

    Sekarang bandingkan ini dengan diagram batang. Tidak ada keraguan yang lebih besar, atau berapa banyak. Ini juga mudah untuk menambahkan skala, gridlines, dll. Bila Anda peduli membandingkan bagian-bagiannya, diagram batang jelas lebih unggul. Apa yang tidak ditunjukkan oleh diagram batang, adalah keseluruhan hubungan: mengubah ukuran bar hijau tidak berarti bahwa ada bar lain yang harus diubah.

    grafik batang

    Apa grafik bar tidak membiarkan Anda melakukannya dengan mudah adalah membandingkan satu bar dengan jumlah semua batang: itulah bidang diagram lingkaran (dan beberapa lainnya).

    Kesalahan Diagram Lingkaran

    Perhatian harus diberikan untuk mempertahankan ciri menonjol dari grafik: pusat. Dalam sebuah laporan tentang jumlah kata yang dikonsumsi setiap hari, sebuah diagram lingkaran dietsa dengan sorot di tengahnya. Itu mengaburkan titik di mana garis bertemu, dan dengan demikian membuat tidak mungkin untuk menilai sudut, membuat perbandingan lebih sulit

    Ini mirip dengan masalah dengan rekan diagram lingkaran, bagan donat. Hal ini mirip dengan diagram lingkaran, namun kehilangan area melingkar di tengahnya. Contoh ini ditemukan di blog Jon Peltier.

    Bagan donat

    Sementara pusat mungkin tempat yang nyaman untuk label, itu menurunkan keterbacaan grafik. Perbandingan antara bagan pie atau donat yang terpisah juga sangat tidak berarti, dan harus dihindari. Untuk menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu, grafik garis dan batang jauh lebih sesuai. Untuk membandingkan dua jenis data (jumlah dan pecahan absolut), lebih masuk akal untuk membagi data hingga dibandingkan dari tahun ke tahun.

    Distorsi lain termasuk pie pie 3D di mana-mana, yang memperkenalkan distorsi perspektif dan membutuhkan rasa kedalaman yang sangat terbelakang untuk menebusnya. Grafik ini mungkin lebih spektakuler, namun dalam hal mengkomunikasikan data, kebanyakan tidak berguna.

    Jumlah Slice

    Masalah yang paling umum adalah mencoba menampilkan terlalu banyak kategori dalam satu diagram lingkaran. Wikipedia memiliki spesimen yang indah ini di laman negara A.S. menurut populasi. Empat negara bagian pertama jelas lebih besar daripada yang lainnya, dan dari situlah grafik berubah dari visualisasi angka yang bermakna menjadi pola warna-warni.

    Bagan pai penduduk negara bagian A.S.

    Bagan barangkali ide yang jauh lebih baik di sini, karena akan memungkinkan perbandingan yang lebih mudah antara negara bagian. Mengelompokkan negara-negara dengan ukuran yang sama ke dalam bagan yang terpisah dengan skala yang berbeda akan memungkinkan untuk secara jelas melihat perbedaannya bagi mereka semua, bukan hanya yang paling padat penduduknya.

    Kapan Menggunakan Diagram Pie

    Ada beberapa kriteria sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menentukan apakah diagram lingkaran adalah pilihan tepat untuk data Anda.

    • Apakah bagian-bagian itu merupakan keseluruhan yang berarti? Jika tidak, gunakan tabel yang berbeda. Gunakan saja diagram lingkaran jika Anda bisa menentukan keseluruhan rangkaian dengan cara yang masuk akal bagi pemirsa.
    • Apakah bagiannya saling eksklusif? Jika ada tumpang tindih antar bagian, gunakan grafik yang berbeda.
    • Apakah Anda ingin membandingkan bagian satu sama lain atau bagian secara keseluruhan? Jika tujuan utamanya adalah untuk membandingkan antar bagian, gunakan grafik yang berbeda. Tujuan utama dari diagram lingkaran adalah untuk menunjukkan hubungan utuh.
    • Berapa banyak bagian yang Anda miliki? Jika ada lebih dari lima sampai tujuh, gunakan tabel yang berbeda. Bagan pai dengan banyak irisan (atau irisan dengan ukuran sangat berbeda) sulit dibaca.
    • Dalam semua kasus lainnya, jangan gunakan diagram lingkaran. Diagram lingkaran adalah jenis grafik yang salah untuk digunakan sebagai default; Bar chart adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk itu. Menggunakan diagram lingkaran membutuhkan lebih banyak pemikiran, perhatian, dan kesadaran akan keterbatasannya daripada kebanyakan grafik lainnya.

    Demikian informasi mengenai Jenis Diagram Lingkaran Dan Contoh. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Jenis Diagram Lingkaran Dan Contoh

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog