Doa Sholat Tahajud Dan Keutamaan Yang Didapatkan

sholat

Konten dari Artikel ini :

    Doa Sholat Tahajud - Sepertiga akhir malam adalah waktu yang Allah swt janjikan sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Terutama setelah kita mendirikan sholat sunnah tahajjud. Kita bersimpuh sesaat untuk mengemukakan segala hajat kepada Allah swt.

    Doa Sholat Tahajud

    Rasulullah saw mengajarkan juga doa yang bisa kita baca setelah sholat tahajjud. 

    Riwayat dari Ibnu Abbas r.a. seperti berikut:

    اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

    اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

    Allahumma lakal hamdu anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fii hinna wa lakal hamdu anta qoyyimmus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta robbissamaawaati wal ardhi wa man fiihinna wa antal haqq. Wawa’dukal haqq. Wa qoulukal haqq. Wa liqoukal haqq. Wal jannatu haqq. Wannaaru haqq. Wassa’atu haqq.

    Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa’alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khoshomtu wa ilaika haakamtu faghfrilii mo qoddamtu wa maa akhkhortu wa maa asrortu wa maa a’lantu. Antal muqoddimu wa antal muakhkhiru. Anta ilaahii. Laa ilaaha illa anta.

    Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar.

    Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)

    Kedua, dari riwayat Aisyah radhiyallahu ‘anha:

    اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ أَنْتَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
    Allahumma robbi jibriila wa mikaila wa isroofiila faathirus samaawaati wal ardhi ‘alimal ghoibi wasy syahaadati. Anta tahkumu baina ‘ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun. Ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi bi idznika innaka anta tahdii man tasyaa-u ilaa shirothim mustaqiim.

    Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus. (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud)

    Berdoa Menggunakan Kalimat Sendiri

    Boleh juga merangkai kalimat sendiri untuk berdoa setelah sholat sunnah tahajjud, di luar yang diajarkan Rasulullah saw. Tapi ada dua syarat yang diajukan para ulama.

    1. Isi doa itu tidak bertentangan dengan doa yang diajarkan Rasulullah saw. 

    Misalnya dalam doa ketika hujan, kita meminta keberkahan dengan ucapan “Allahumma shoyyiban nafi’an”. Ya Allah jadikanlah hujan ini bermanfaat. Tapi mana kala kita membuat kalimat doa sendiri dengan ucapan “Ya Allah, jadikanlah hujan ini jadi bencana”, tentu tidak boleh.

    Juga isinya tidak boleh melanggar syariat Islam, atau isinya keburukan.

    2. Tidak diyakini berasal dari Rasulullah saw.
    Karena kalau begitu, berarti kita telah mengadakan kebohongan atas nama Rasulullah saw.

    Syaikh Abdullah Al Faqih menerangkan sebagai berikut:

    فلا حرج على المسلم أن يدعو بدعاء يعبر فيه عن حاجته ورغبته أو كشف ضره، ولكنه إذا دعا بالأدعية المأثورة عن النبي صلى الله عليه وسلم أو غيره من الأنبياء كما جاء في القرآن الكريم أو السنة المطهرة كان أفضل، وعليه أن يختار من الأدعية ما يتناسب مع المقام الذي هو فيه أو الحاجة التي يطلبها، ولا مانع أن يجمع بين هذا وذلك ويركب من بينهما أدعية تعجبه وتناسب مقامه، فقد قال النبي صلى الله عليه وسلم: ثم يتخير من الدعاء أعجبه إليه فيدعوه . رواه البخاري

    Tak masalah seorang muslim berdoa dengan kata-kata yang mengandung hajatnya, keinginannya, atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi. Namun, bila berdoa dengan redaksi yang bersumber dari Nabi ﷺ atau dari para nabi lainnya sebagaimana tertulis dalam Al Quran, atau sunnah yang suci, maka itu lebih afdhal. Baiknya ia memilih doa sesuai dengan kondisinya, kedudukannya, atau kebutuhan yang dia rasakan. Tidak terlarang untuk menggabungkan antara doa yang ini dan itu, dan mempraktekkan keduanya dengan doa-doa yang dia sukai dan sesuai posisinya.

    Nabi ﷺ telah bersabda: “.. kemudian dia memilih doa yang ia sukai maka berdoalah kepadaNya.” (HR. Al Bukhari).


    Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajjud

    Sholat Tahajjud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari, sejak waktu isya’ (dikerjakan setelah sholat isya’) hingga masuk waktu sholat shubuh. Sholat ini disebut juga dengan Qiyamul Lail, atau sholat malam.

    Waktu yang paling utama adalah sepertiga akhir malam.

    Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi ﷺ bersabda:

    يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

    Rabb kita –Allah Tabaraka wa Ta’ala- turun ke langit dunia setiap malam sampai waktu seperti malam terakhir, dan berfirman: “Barang siapa yang berdoa kepadaKu maka Aku akan mengabukannya, barang siapa yang meminta kepadaKu maka Aku akan memberinya, dan barang siapa yang memohon ampunkepadaKu maka Aku akan mengampuninya. (HR. Al Bukhari No. 1145, 6321, Muslim No. 758)  

    Juga hadits lain:

     قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ: أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ؟ قَالَ: «جَوْفَ اللَّيْلِ الآخِرِ، وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ المَكْتُوبَاتِ»

    Ditanyakan kpd Rasulullah, doa yang manakah yang paling di dengar?
    Beliau menjawab: "Doa di sepertiga malam terakhir, dan setelah shalat wajib." (HR. At Tirmidzi No. 3499, kata Beliau: hasan. Dihasankan pula oleh Syaikh Al Albani)


    Keutamaan Sholat Tahajjud

    Di antara keutamaan sholat sunnah tahajjud adalah sebagai berikut:

    1. Orang yang mengerjakannya akan mendapat derajat sebagai orang yang terpuji.

    وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

    Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. ( QS. Al Isra: 79)

    2. Sholat ini adalah sholat terbaik setelah sholat wajib.

    وأفضل الصلاةبعد الفريضة صلاة الليل

    Shalat paling utama setelah shalat wajib adalah shalat di malam hari. (HR. Muslim)

    3. Waktu pengerjaannya merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

     قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ: أَيُّالدُّعَاءِ أَسْمَعُ؟ قَالَ: «جَوْفَ اللَّيْلِ الآخِرِ، وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ المَكْتُوبَاتِ»

    Ditanyakan kpd Rasulullah, doa yang manakah yang paling di dengar?

    Beliau menjawab: "Doa di sepertiga malam terakhir, dan setelah shalat wajib." (HR. At Tirmidzi, kata Beliau: hasan. Dihasankan pula oleh Syaikh Al Albani)

    Demikian informasi mengenai Doa Sholat Tahajud Dan Keutamaan Yang Didapatkan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Doa Sholat Tahajud Dan Keutamaan Yang Didapatkan

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog