Doa Sahur Dan Niat Puasa, Doa Yang Mustajab Saat Sahur

puasa

Konten dari Artikel ini :

    Sahur (bahasa Arab: سحور ), juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, merupakan sebuah istilah  yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat yang dilakukan pada dini hari.  Sahur sebagai makan pagi cocok dengan Iftar sebagai makan malam, selama Ramadhan, menggantikan makan tiga kali sehari meskipun di beberapa tempat makan malam juga dikonsumsi setelah Iftar kemudian pada malam hari.

    Bersahur merupakan aktifitas makan dan minum biasa dilakukan di dini hari sekitar jam 03.00 malam sampai batas waktu masuk Imsak. Makan Sahur sendiri biasanya dilakukan oleh setiap umat muslim baik pria maupun wanita yg sudah baligh yang berencana melakukan puasa pada pagi harinya sehingga perlu pasokan makanan maupun minuman untuk menambah daya tahan tubuh dlm berpuasa selama hampir 12 Jam. Besaran puasa sangat tergantung dari wilayah yang didiami oleh orang yang berpuasa.

    Cara Bersahur sendiri sebetulnya sangat mudah sekali, kita hanya makan atau meminum sesuatu walaupun sedikit sebelum masuk waktu Imsak karena jika kita makan sahur setelah waktu imsak maka kita batal puasanya, Syarat Puasa sendiri dilakukan dari waktu Imsak sampai terbenamnya matahari. Sedangkan Waktu Makan Sahur yg diutamakan setidaknya waktu dimana kita tidak terlalu mepet dan tidak terlalu jauh dari waktu imsak sehingga kita tidak terburu – buru dlm melakukan aktifitas Bersahur ini.

    Sebagian kita mengira bahwa waktu sahur hanyalah waktu untuk menyantap makanan. Padahal waktu tersebut bisa pula kita gunakan untuk memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala, untuk memohon setiap hajat-hajat kita.

    DOA SAHUR

    Dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

    Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

    Imam Nawawi berkata bahwa bentuk keberkahan makan sahur di antaranya adalah karena waktu itu orang bangun, ada dzikir dan do’a pada waktu mulia tersebut. Saat itu adalah waktu diturunkannya rahmat serta diterimanya doa dan istighfar. (Syarh Shahih Muslim, 9: 182)

    Dalam hadits ini kita akan melihat keberkahan waktu sahur tersebut. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

    Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758). Imam Nawawi berkata, “Pada waktu itu adalah waktu tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu.” (Idem, 6: 36).

    DOA DAN NIAT PUASA

    Jumhur ulama selain madzhab Syafi’i sepakat bahwa makan sahur sudah dianggap niat puasa, kecuali saat makan sahur berniat tidak puasa.

    Sedangkan menurut madzhab Syafi’i, makan sahur tidak dianggap niat puasa kecuali jika makan sahurnya disertai niat puasa.

     

    Niat puasa, menurut madzhab syafi’i disunnahkan dilafalkan sebagai berikut:

    نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

    Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

    Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

     

    Demikian informasi mengenai Doa Sahur Dan Niat Puasa, Doa Yang Mustajab Saat Sahur. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Doa Sahur Dan Niat Puasa, Doa Yang Mustajab Saat Sahur

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog