Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap


Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap -

Dalam proses mengundurkan diri secara resmi maka dibutuhkan sebuah dokumen untuk mengarsipkan bahwa kita pernah bekerja di perusahaan tersebut. Sebagaimana proses melamar kerja untuk memasuki suatu perusahaan, maka ketika meninggalkannya pun seharusnya ada surat yang mengarsipkannya.

Surat pengunduran diri adalah surat yang memuat pernyataan dan permintaan untuk berhenti dari segala tanggung jawab dan tidak lagi berstatu sebagai bagian dari perusahaan. Meski surat pengunduran diri ini memuat berbagai pernyataan yang cukup jelas, secara teknis surat pengunduran diri ini memiliki fungsi sebagai surat perantara.

Setelahnya surat pengunduran diri diterima oleh HRD atau atasan, maka kita akan dipanggil untuk berkomunikasi lebih lanjut mengenai proses pengunduran diri tersebut. Karena itu lah surat pengunduran diri ini bersifat formalitas dan juga penyambung komunikasi lebih lanjut.

Surat pengunduran diri termasuk surat resmi. Ia memiliki kaidah penulisan dan struktur yang telah ditentukan oleh aturan. Karena itu, di bagian selanjutnya dalam artikel ini kita akan mencari tahu mengenai format dan penulisan yang baik dan selengkap mungkin sesuai dengan kadiah penulisan dan tentu saja etika yang tepat.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Meski memiliki struktur yang hampir sama dengan surat lamaran kerja, menulis surat pengunduran diri akan terasa sedikit lebih sulit. Hal ini disebabkan karena penulisannya yang membutuhkan pertimbangan etika yang benar-benar matang. Terlebih jika kamu memiliki fungsi strategis dan benar-benar tengah di andalkan oleh perusahaan.

Format penulisan surat pengunduran diri, layaknya surat resmi biasanya harus memuat bagian-bagian surat seperti :

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang baik
  • Tanda tangan
  • materai (optional)

Selain secara struktur penulisan, surat pengunduran diri juga memiliki beberapa etika yang harus di perhatikan. Berikut beberapa tips penulisan dengan memoertimbangkan etika yang baik dihadapan atasan.

  • Isi surat ringan dan padat.
  • Memuat ucapan terima kasih, khususnya kepada atasan dan perusahaan.
  • Tidak menampilkan kesan buruk dan negatif tentang perusahaan
  • Tuliskan alasan pengunduran diri dengan sebaik dan sejelas mungkin
  • Sertakan beberapa landasan hukum yang mendasari pengajuan surat pengunduran diri tersebut. Bisa di ambil dari kontrak kerja atau peraturan perusahaan.
  • Bila perlu, sertakan cindera mata atau sesuatu yang bisa membuat perusahaan mengenang kepergian kita.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Setalah kita memahami cara format dan cara menulis surat pengunduran diri yang baik. Sekarang kita akan memperhatikan beberapa contoh surat pengunduran diri.

Disini kita akan melihat beberapa contoh surat pengunduran diri berdasarkan jenis pekerjaan dan situasinya.

Contoh I Surat Pengunduran Diri Karyawan

Bekasi, 09 Januari 2015

Yth,
Kepala. HRD
PT. Cahaya Malika Bersama-sama

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT.Cahaya Malika Bersama-sama berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama

: Somad AlHusein Siregar

Departemen

: Logistik Produksi

Jabatan

: Operator

No Karyawan

: 98767321

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Cahaya Malika Bersama-sama karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak sesuai ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

 

Somad AlHusein Siregar

Contoh diatas jika pengunduran diri dikarenakan kondisi tubuh sakit sehingga tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaan sebagaimana biasanya. disini kamu bisa menambahkan lampiran dokter untuk memperkuat pernyataan terkait kondisi kamu, atau bisa juga kamu menuliskan pernyataan jika kamu bersedia di periksa oleh dokter perusahaan.

Perhatikan juga bagaimana menuliskan dasar hukum yang bisa kamu pakai dalam pengajuan surat pengunduran diri tersebut. Di contoh dituliskan dasar hukum yang diambil dari Surat Kesepakatan Bersama tentang karyawan dan Undang-undang tenaga kerja. Atau kamu bisa juga menuliskan dengan kontrak kerja yang telah kamu sepakati bersama, dan pastikan juga jika hal tersebut relevan dengan kondisi mu saat ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh II Surat Pengunduran Diri Karyawan

Jakarta, 10 Maret 2016

Kepada Yth,

HRD Manager
PT. Sinar Selalu Jaya
Jl.Kiobodo No.17
Bekasi

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya Somad AlHusein Siregar bermaksud mengundurkan diri dari PT.Sinar Selalu Jaya sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal 12 januari 2015.

Adapun pengunduran diri ini disebabkan kondisi tubuh saya yang sedang menjalani pengobatan. Sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja dengan maksimal sebagaimana biasanya.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Sinar Selalu Jayaapabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Sinar Selalu Jaya dapat terus berkembang dan mendapa tkan yang terbaik.

 

 

Hormat Saya

 

Somad AlHusein Siregar

Sementara untuk contoh ke dua ini ada detail tanggal kapan pastinya kita akan berhenti bekerja. Ini penting sebab dengan memberitahukan rentang waktu yang tersisa akan meberikan waktu untuk perusahaan agar mencari kandidat pengganti atau untuk melakukan berbagai proses terkait pemberhentian status diri kita sebagai karyawan.

Contoh Surat Pengunduran Diri‚Äč

 

Cianjur, 19 Januari 2016

Kepada Yth,
Dir. HRD
PT. Cahaya Makmur Bersama-sama
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama

: Somad AlHusein Siregar

Departemen

: Staff Keuangan

Jabatan

: Karyawan

No.Karyawan

: 3893903839930

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Cahaya Makmur Bersama-sama tentang kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.
Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran akan kesehatan saya, sekaligus saya dan keluarga harus pindah keluar kota disebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat saya ceritakan dalam surat ini.
Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak–hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Somad AlHusein Siregar

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

 

Jakarta, 19 Januari 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Cahaya Makmur Bersama-sama
Jalan Dipenogoro no. 19
Bekasi

 

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Somad AlHusein Siregar bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Cahaya Makmur Bersama-sama sebagai manager, terhitung sejak tanggal 18 Januari 2016 dengan alasan kesehatan dan keluarga. Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak -hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Cahaya Makmur Bersama-sama. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Cahaya Makmur Bersama-sama apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan yang saya cintai ini.

Saya berharap selalu, PT. Cahaya Makmur Bersama-sama dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik. Demikianlah surat ini saya buat sebaik-baiknya dan semoga disetujui oleh pihak PT. Cahaya Makmur Bersama-sama. Sekali lagi, saya mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

 

Somad AlHusein Siregar

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Guru

Nah bagi kamu yang berprofesi sebagai guru berikut contoh surat pengunduran dirinya. Kenapa dibedakan? dan apa yang membedakannya? sebenarnya sekilas tidak ada yang berbeda, bahkan jika memakai redaksi seperti contoh diatas pun tidak salah juga. Hanya saja profesi guru adalah profesi yang mulia dan profesional, karena itu penyampaian surat pengunduran dirinya pun haruslah lebih tampil elegan.

Terlebih sekolah adalah instansi resmi, baik itu sekolah negeri ataupun swasta. Sebuah instansi resmi harus pula di perlakukan dengan rasa hormat lebih baik karena memiliki peraturan yang lebih baku.

Jakarta, 19 Januari 2016
Perihal : Pengunduran diri

Kepada Yth.
Adam Akbar S.Pd.
di Tempat

Assalaamu‘alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya:

Nama

: Somad AlHusein Siregar, S.Pd

Jabatan

: Guru Matematika

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai guru bidang studi Matematika di SMA Al Fath Cibodas terhitung mulai tanggal 25 Desember 2015 atau selepas dilaksanakannya Ujian Akhir Semester Ganjil tahun 2015.

Keputusan ini sebenarnya sangat berat karena mengingat masa kerja saya di SMA Al Fath sudah mencapai 10 tahun namun karena adanya berbagai alasan keluarga yang sangat mendesak, saya harus membuat keputusan untuk mengundurkan diri.

Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas segala kesempatan yang sudah diberikan untuk belajar dan bekerja di SMA Al Fath Cibodas.

Melalui surat ini, tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh staff pengajar serta jajaran pengurus komite sekolah SMA Al Fath Cibodas apabila selama saya bekerja terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

Hormat saya,

Somad AlHusein Siregar, S.Pd

Tembusan :
Yth. Kepala SMA Tirta Kasih Cibodas

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh I Surat Pengunduran Diri untuk Organisasi

19 Januari 2016

Kepada Yth :
Ketua Umum DPP Partai Sukacita Selalu
Bapak Dr.H Endang As’ad
Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPP Partai Sukacita Selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Sukacita Selalu (PSS) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin. Sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Sukacita Selalu Kabupaten Cianjur Masa Bakti 2012-2017, sesuai SK DPP Partai Sukacita Selalu Nomor 17.07/SK/DPP.DP/DPC/V/2012.
  2. Saya menilai PSS tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.
  3. Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak Ketua Umum PSS, saya memohon pengertian Bapak bahwa mulai hari ini saya menyatakan Pengunduran Diri saya sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Sukacita Selalu Kabupaten Cianjur.
  4. Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.
    Terima kasih atas segala perhatian Bapak Ketua Umum DPP Partai Sukacita Selalu selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

 

Salam Hormat,

Somad AlHusein Siregar

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh II Surat Pengunduran Diri untuk Organisasi

Cianjur, 5 Desember 2015

Yth. Ketua Umum HMUC
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Cianjur
di –
Tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama

: Somad AlHusein Siregar

NIM

: 1234567788

Jurusan

: Ilmu Komunikasi

Jabatan

: Humas

Dengan ini saya mengajukan pengunduran diri dari Badan Pengurus Harian (BPH) Himpunan Mahasiswa Universitas Cianjur (HMUC) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Cianjur. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah sebagai berikut :

  1. Bekerja dan dikahwatirkan tidak mampu menjalankan tanggung jawab dengan baik
  2. Tidak memiliki motivasi untuk melanjutkan kegiatan berorganisasi

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi bagian keluarga di sini dan semoga kinerja saya bisa menjadikan laju-kembang organisasi ini. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama menjalankan amanah pada organisasi ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Surat ini saya buat sesuai dengan inisiatif saya tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak lain. Saya berharap pembina dan pengurus HMUC dapat memahami kondisi saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

 

(Somad AlHusein Siregar)
NIM 3453453453453

Demikian informasi mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap

About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
@2015 Bersiap BLog