Cara, Niat Dan Doa Shalat Istikharah Terlengkap

sholat

Konten dari Artikel ini :

    Shalat Istikharah

    Shalat Istikharah adalah Shalat Sunnah dua Raka’at yg dikerjakan oleh seorang muslim yg sedang dilanda  kebingungan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT diantara beberapa pilihan dan merasa ragu – ragu untuk memiilih atau saat akan memutuskan sesuatu hal tersebut. Shalat Istikharah bisa banyak dilakukan muslim untuk menentukan perjodohan, perceraian, memilih pekerjaan.

    Apakah shalat istikharah itu?  Yang pada intinya Shalat Istikharah dilakukan saat anda sedang merasa bingung atau ragu-ragu dlm suatu hal atau memilih sesuatu hal karena Keutamaan Shalat Istikharah menurut para Ustadz antara lain untuk memohon kepada Allah agar urusan anda diridhoi oleh Allah Swt dan Allah bisa mempermudah jalan untuk urusan anda tersebut dan jika ternyata perkara atau urusan anda tersebut tidak baik untuk anda, maka Alloh akan datangkan penghalang dan pencegah untuk anda sehingga anda tidak bisa melaksanakan urusan tersebut.

    Galau, gamang, bimbang, dilema, itu manusiawi. Setiap orang akan mengalami hal tersebut ketika dihadapkan pada beberapa pilihan. Sebagai ajaran yang manusiawi, Islam pun memberi jalan keluar bagi yang sedang mengalami dilema

    Sholat Istiqoroh

    Sholat Istikharah atau sholat istiqoroh adalah solusinya. Sholat ini memang dikhususkan untuk meminta petunjuk atas dua atau lebih pilihan yang harus ditentukan. Sholat ini hukumnya sunnat.

    Sholat Istikhoroh

    Beberapa orang menulis dengan cara berbeda untuk sholat istikharah, istikhoroh, dan istiqoroh



    Waktu sholat istiqoroh / Sholat Istikharah


    Tak ada waktu khusus untuk mengerjakan sholat istikharah waktu. Shalat Isktiharah bisa dilakukan pada pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, tengah malam, pada waktu tahajud dan dimana saja.  Tidak seperti sholat dhuha yang ditentukan waktunya, atau sholat tahajjud yang harus dilakukan malam hari. Sholat istikharah boleh saja dilakukan siang hari, dan lebih baik di sepertiga akhir malam. Ini karena keutamaan waktu sepertiga akhir malam sendiri yang mana Allah swt telah berjanji akan mengabulkan permintaan hamba-Nya yang mengerjakan sholat di waktu tersebut.

    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

    Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Rabb kita -Tabaaraka wa Ta’ala- turun di setiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman: “Siapa yang berdo’a kepadaKu pasti Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu pasti Aku penuhi dan siapa yang memohon ampun kepadaKu pasti Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)


    Niat Shalat Istikharah


    Adapun niat Shalat Istikharah adalah sebagai berikut:
     

    أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

    Artinya: “Aku (niat) shalat sunat istikharah 2 rakaat, karena Allah Ta`ala.”

    Adapun surat yang dibaca boleh surat apa saja yang telah dikuasai. Akan tetapi sebaiknya dibaca surat berikut :

    • Pada rakaat pertama setelah AL-Fatihah dibaca surat AL-Kaafiruun, lalu dilanjutkan dengan membaca surat AL-Qashash ayat 68-69, sebanyak 7 kali,yaitu :

    وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ


    Artinya: “Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Ia kehendaki dan memilihnya.Sekali-kali tak ada pilihan bagi mereka. Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.”

    • Pada rakaat kedua setelah AL-Fatihah dibaca surat AL-Ikhlash, lalu dilanjutkan dengan membaca surat AL-Ahzaab ayat 36, sebanyak 7 kali,yaitu :

    وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا


    Artinya: “Dan tidaklah putut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apa bila Allah dan rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, Dan barang siapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya, maka sungguhlah dia telah benar-benar sesat.”

    Setelah selesai Shalat maka dilanjutkan dengan membaca doa sholat istikharah, yaitu:
     

    اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -........ - خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ ............ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

     (.....Pada titik-titik isi dengan hajat anda)

    Allahumma inniy astakhiiruka bi‘ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal ‘azhim,fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa ‘Abdullah’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amru khairul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa‘aaqibati amriy” atau; ‘Aajili amriy wa aajilihi faqdurhu liy wa yassirhu liy tsumma baarik liy fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amru syarrul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa‘aaqibati amriy” aw qaola; fiy ‘aajili amriy wa aajilihi fashrifhu ‘anniy washrifniy ‘anhu waqdurliyl khaira haitsu kaana tsumma ardify bihi.”

    Artinya: “Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik  akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas anugrah-Mu.”


     

    Tata Cara Sholat Istikharah


    Sholat Istikharah dikerjakan sebagaimana sholat sunnat yang lain. Rakaatnya berjumlah genap, minimal dua rokaat. Surat yang dibaca setelah Al-Fatihah adalah surat yang mudah dan telah kita hafal. Lalu apakah ada cara khusus untuk melakukan shalat istikharah , jawabannya adalah tidak ada , sama seperti melakukan shalat sunnah pada umumnya.
     


    Doa Shalat Istikharah / Istiqarah

     

    Arab dan Latin (Bahasa Indonesia) Terjemahannya

    Lalu bagaimana melakukan doa shalat istikharah yang benar, doa shalat istikharah pekerjaan,
    doa shalat istikharah petunjuk jodoh  sesuai dengan panduan AlQuran dan Sunnah ?
    Setelah melakukan sholat sunnat istikharah, kita baca doa seperti berikut:

    اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ........خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ..............شَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

    Yang diberi titik-titik, Anda bisa menyebut hal yang membuat Anda bimbang. Sebut saja pakai bahasa Indonesia bila Anda tak bisa berbahasa Arab. Tak masalah, karena Allah tak membebani seseorang di luar kemampuannya.

    Doa Shalat Istikharah Dalam bahasa Lain



    Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

     

     

    Demikian informasi mengenai Cara, Niat Dan Doa Shalat Istikharah Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat untuk anda baik itu Cara, Niat Dan Doa Shalat Istikharah Terlengkap

    About Me   Disclaimer   Contact Us   Privacy Policy  
    @2015 Bersiap BLog